Kumpulan Cerita Rakyat/Asal Muasal Nama Palembang

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Palembang merupakan nama ibukota dari Provinsi Sumatra Selatan dengan luas wilayah mencapai 60.302,54 km2. Dahulu wilayah Palembang sangat terkenal dengan pesona alam karena terdapat puluhan sungai-sungai yang bermuara ke laut.

Sinopsis[sunting]

Pada zaman dahulu wilayah Sumatra Selatan dan sebagian Provinsi Jambi merupakan hamparan hutan belantara yang dipenuhi dengan sungai yang berhulu dari Bukit Barisan, pegunungan sekitar Gunung Dempo, dan Danau Ranau. Masyarakat dahulu menyebut daerah tak berpenghuni tersebut dengan nama Batanghari Sembilan. Sungai-sungai yang membentangi wilayah tersebut diantaranya Sungani Komering, Sungai Lematang, Sungai Ogan, Sungai Rawas, dan beberapa yang bermuara di Sungai Musi.

Suatu ketika para pelaut yang menyusuri sungai-sungai yang bermuara dari pesisir laut berhasil sampai ke pedalaman Batanghari Sembilan dan mulai menetap disana. Karena wilayah tersebut merupakan dataran rendah yang dipenuhi rawa, para pendatang yang bermukim disana membangun rumah yang disebut rakit.

Menurut Bahasa Melayu tua, kata "Lembang" berarti dataran rendah yang banyak digenangi air. Orang-orang yang hendak pergi ke wilayah tersebut sering mengucapkan "Aku hendak ke Lemabang". Kata Pa dalam bahasa melayu tua menunjukkan suatu lokasi atau tempat. Hingga kemudian nama Lembang berganti menjadi nama Palembang hingga saat ini.

Pranala Luar[sunting]