Leonardo da Vinci

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Leonardo self.jpg

Leonardo da Vinci ( Leonardo di ser Piero Da Vinci, lahir di Vinci, provinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos Lucé, Prancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah pelukis, pemahat / pematung, arsitek, penemu, penulis, filsuf, dan musisi Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan "genius universal".

Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Mona Lisa dan Perjamuan Terakhir (The Last Supper). Ia juga dikenal karena mendesain banyak penemuan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi sayangnya jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna, serta prototipe pesawat, helikopter, dan lift. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, teknik sipil, bahkan kuliner.

  • Nama Lengkap : Leonardo di ser Piero da Vinci
  • Nama Panggilan : Leonardo da Vinci
  • Tempat lahir : Vinci, provinsi Firenze, Italia
  • Tanggal Lahir : 15 April 1452
  • Pekerjaan : pelukis, pemahat / pematung, arsitek, penemu, penulis, filsuf, dan musisi Renaisans Italia.
  • Wafat : Clos Lucé, Prancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun)

Leonardo merupakan anak dari Ser Piero da Vinci dan Caterina. Ia memiliki nama lengkap Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci.

Pada usia belia, Leonardo sudah belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze. Ada kabar mengisahkan Verrochio menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan bahwa lukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri. Selain menjadi pelukis, Leonardo juga sanggup menunjukkan kemampuannya di bidang yang lain.

Pada tahun 1481 Leonardo pindah ke Milan untuk bekerja dengan Adipati (Duke) di sana. Hasil karyanya selama di Milan yang paling termashur adalah Kuda Sforza yang dikerjakannya selama kurang lebih 11 tahun. Namun di situ ia tidak hanya melukis dan membuat patung saja, melainkan juga mengubah jalan-jalan sungai dan membangun kanal-kanal, serta menghibur Duke dengan memainkan lut dan bernyanyi. Lalu ia bekerja untuk Raja Louis XII dari Prancis di Milan dan untuk Paus Leo X di Roma.