Manajemen Jaringan/Manajemen Kinerja

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
<< Akunting Manajemen Kinerja - Manajemen Jaringan Manajemen Keamanan >>

Tahapan pengembangan: 00%

Pengantar[sunting]

Jenis Trafik[sunting]

trafik ini ada beberapa macam seperti

Protokol vs Tipe Trafik[sunting]

TCP[sunting]

Transport Control Protocol merupakan sekumpulan protokol yang melakukan fungsi komunikasi data antar komputer dalam sebuah LAN atau WAN.

UDP[sunting]

User Datagram Protocol konsep kerjanya adalah mengirim penerima dengan sejumlah data, tanpa menunggu konfirmasi dari penerima apa sudah siap untuk dikirimi data. misalnya, video streaming di internet, game online, dan masih banyak lagi.

ICMP[sunting]

Internet Control Message Protocol

Pengamatan (Monitoring)[sunting]

Kinerja jaringan perlu diukur secara berkala agar dapat diamati kondisinya. Setiap sistem jaringan memiliki perilaku masing-masing. Agar kita dapat mengenali perilaku normal dari suatu jaringan, kita perlu melakukan pengamatan selama selang waktu tertentu. Hasil pengamatan tersebut kita jadikan tolok ukur/baseline, yang selanjutnya dipakai untuk menentukan apakah kondisi pada saat tertentu normal atau tidak.

Baseline[sunting]

Suatu jaringan menampilkan perilaku khas yang hampir selalu berulang. Misalnya pada sebuah perusahaan yang aktivitas pekerjanya terbatas hanya pada hari Senin sampai Jumat, pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Perilaku harian akan nampak jelas pada hasil pengamatan trafik jaringan, sangat boleh jadi trafik akan melonjak cukup tinggi dari sejak pukul 7.30 sampai 8.30, ketika para pekerja mulai masuk dan membaca email. Demikian pula di sore hari, trafik akan menurun dengan cepat saat para pekerja pulang.

Pola perilaku juga akan muncul para perioda mingguan. Trafik pada hari Senin sampai Jumat akan memiliki nilai rata-rata dan puncak yang tinggi, sementara pada hari Sabtu dan Minggu rendah.

Tools[sunting]

  • MRTG
  • Cacti
  • iftop
  • iptraf

Penalaan (Tuning)[sunting]

Disain[sunting]

Desain adalah suatu proses pembuatan modul yang membentuk suatu jaringan topologi jmpl

Kinerja Tinggi (High Performance)[sunting]

Cache[sunting]

Failover[sunting]

Load Balancing[sunting]

Pembagian Kerja setiap alat jaringan sesuai load/kebutuhan masing-masing bagian agar merata secara efektif