Lompat ke isi

Wikibuku:Panduan strategi

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
(Dialihkan dari Panduan Game)
WB:GUIDE

Berikut adalah kebijakan untuk menulis dan memasukkan panduan strategi yang berkaitan dengan permainan video. Halaman macam tersebut harus ditempatkan di Wikibuku:Rak buku permainan elektronik.

Latar belakang[sunting]

Panduan strategi permainan video dilarang dibuat di Wikibuku pada tahun 2007, meskipun analisis ilmiah permainan video ataupun panduan tentang desain permainan video diizinkan. Mengikuti keputusan ini, sebagian besar panduan dipindahkan ke StrategyWiki, wiki yang sudah eksis dengan lisensi yang juga kompatibel.

Mengikuti konsensus yang kuat pada diskusi komunitas di awal tahun 2021, pelarang tersebut akhirnya dicabut karena dirasa tidak logis untuk mengecualikan buku tentang permainan video yang menjelaskan strategi. Tapi ada juga konsensus yang kuat bahwa kebijakan khusus diperlukan untuk mengimplementasikan perubahan ini.

Kekurangan utamanya adalah bahwa Wikibuku memiliki sejumlah kebijakan dan pedoman yang berkaitan dengan konten, namuin tidak ada kebijakan yang dapat meliputi topik ini secara keseluruhan. Akhirnya, dibuatlah panduan tambahan untuk panduan strategi, yang tentunya harus sesuai dengan tujuan dari Wikibuku sebagai sumber daya pendidikan yang memungkinkan dukungan buku teks, teks beranotasi, panduan instruksional, dan manual.

Pertimbangan hak cipta[sunting]

Tangkapan layar dari permainan video Celeste ini, pengembang dapat mengonfirmasi lisensi yang kompatibel dengan mengajukan sebuah tiket VRT supaya dapat disimpan di Commons.
Gambar berlisensi bebas yang dibuat untuk mengilustrasikan gaya bermain di permainan video Portal

Wikibuku memiliki aturan ketat terkait hak cipta: lihat Wikibuku:Hak cipta untuk kebijakan selengkapnya. Khususnya:

  • Jika Anda menyumbangkan teks secara langsung ke Wikibuku, Anda setuju untuk melisensikannya di bawah lisensi CC BY-SA 3.0 dan GFDL.
  • Hindari plagiarisme dalam panduan Anda; Anda tidak boleh menjadikan karya penulis lain sebagai karya buatan sendiri.
  • Jika Anda ragu-ragu mengenai hak cipta, silakan tanyakan di tempat lain seperti Warung kopi.

Mengimpor teks dari sumber eksternal mungkin diperbolehkan dalam keadaan tertentu, yang dapat diminta. Tapi harap perhatikan:

  • Lisensi yang kompatibel dari sumber berhak cipta untuk diimpor termasuk CC BY-SA (versi 1.0, 2.0, 2.5, 3.0, tapi tidak versi 4.0), dan CC BY (semua versi dan port, termasuk 4.0). Lalu, sumber domain publik dan CC0 juga bisa diimpor.
  • Pastikan semua persyaratan lisensi dipenuhi. Misalnya atribusi sumber, yang seringkali diwajibkan oleh lisensi tersebut.
  • Banyak sumber yang memiliki hak cipta dengan lisensi yang tidak sesuai dengan Wikibuku. Meskipun memberikan kutipan diperbolehkan, penyalinan konten biasanya dilarang, kecuali berdasarkan doktrin penggunaan wajar. Penggunaan wajar harus diterapkan per kebijakan terkait.
  • Jika mengimpor dari sumber dengan lisensi yang kompatibel, pastikan sumber itu sendiri tidak memiliki interpretasi hak cipta yang berbeda. Misalnya, StrategyWiki mengizinkan penggunaan konten buku panduan permainan video secara verbatim dalam artikel; tetapi mereka tidak memperbolehkan tulisan mereka dimasukkan ke Wikibuku (kecuali dalam porsi kecil). Atau dari buku panduan permainan video itu sendiri, yang dirilis di bawah lisensi yang kompatibel (tergolong jarang ditemukan).

Tangkapan layar dan penggunaan media lainnya[sunting]

Penggunaan media (seperti gambar, video, dan suara) dibatasi secara ketat oleh kebijakan: lihat Wikibuku:Media untuk kebijakan selengkapnya.

Media di Wikibuku biasanya terbagi dalam dua kategori besar:

  • Media dalam domain publik atau dibawah lisensi gratis yang kompatibel dengan Commons. Media baru yang memenuhi syarat ini harus diunggah ke Wikimedia Commons; Anda juga dapat mencari media yang diperlukan yang mungkin sudah ada Commons. Media-media di Commons mungkin masih memiliki hak cipta, tetapi lisensi gratis mereka memungkinkan penggunaan kembali secara bebas pada Wikibuku.
  • Media non-bebas, yang harus diunggah ke Wikibuku, dan harus digunakan per persyaratan ketat dari kebijakan penggunaan media non-bebas. Media non-bebas dilindungi hak cipta, dan kebijakan penggunaannya terikat dengan doktrin penggunaan wajar dalam hukum Amerika Serikat. Pengguna tepercaya yang perlu mengunggah media non-bebas dapat mengajukan permohonan untuk mendapat hak pengunggah lokal, lalu pengguna lain dapat meminta pengunggahan media non-bebas di permohonan impor.

Tangkapan layar diambil dari permainan berhak cipta biasanya adalah media non-bebas; pengecualian untuk ini jarang terjadi, tetapi PLPA (perjanjian lisensi pengguna akhir) dapat diperiksa untuk pemastian. Aturan media non-bebas biasanya berlaku untuk tangkapan layar permainan dan seri populer Minecraft, Grand Theft Auto, dan Pokémon.

Tangkapan layar permainan yang bersumber terbuka mungkin jatuh dalam domain publik, atau kompatibel dengan lisensi gratis yang sesuai; tetapi periksa dengan hati-hati PLPA permainan tersebut karena mungkin ada pengecualian. Jika pengembangnya setuju untuk menyumbang tangkapan layar permainannya, Anda dapat membantu menghubungkan Volunteer Response Team dengan mereka untuk membuat media yang awalnya non-bebas menjadi tersedia di bawah lisensi gratis.

Masalah hak cipta yang berkaitan dengan media bisa menjadi rumit; tempat terbaik untuk bertanya adalah di Commons:Warung kopi/Hak cipta. Namun pertama-tama, bacalah Commons:Pertanyaan Umum, Commons:Lisensi, dan Commons:Aturan hak cipta berdasarkan materi subyek. Untuk mengatasi batasan pada media, gambar grafis dan berkas non-bebas lain untuk mendemonstrasikan alur permainan (yang bukan tangkapan layar atau media berhak cipta terbatas), Anda dapat membuat sendiri dengan contoh yang dapat ditemukan di Category:Video game gameplay at Commons.

Pertimbangan lainnya[sunting]

Hanya tulis panduan permainan yang memenuhi kriteria kepentingan[sunting]

Harap tidak menulis panduan strategi untuk permainan video yang mungkin tidak bernilai signifikan bagi komunitas pemain gim secara luas. Wikibuku BUKANLAH tempat untuk beriklan atau mempromosikan permainan video buatan Anda ataupun teman Anda. Cara paling mudah adalah dengan melihat situs web agregator ulasan seperti Metacritic atau OpenCritic; jika permainan video yang tercantum di sana telah memiliki ulasan yang banyak, ada indikasi bahwa permainan tersebut memang signifikan. Penyertaan permainan di situs ulasan terkemuka yang berbeda-beda juga dapat menunjukkan signifikansi. Permainan yang lulus persyaratan kelayakan Wikipedia juga harusnya dapat diterima.

Jika ada keraguan apakah sebuah permainan sudah layak, didiskusikan di tempat lain seperti pada Warung kopi.

Gunakan nada akademis[sunting]

Secara umum, gaya tulisan bernada akademik harus digunakan dalam panduan strategi. Secara keseluruhan, gayanya harus seperti karya akademis seperti yang Anda temukan di buku teks, makalah penelitian, atau ensiklopedia. Yang paling penting, iklan atau promosi diri atau jenis dukungan lainnya harus dihindari; kemudian, sudut pandang netral yang merupakan gambaran yang adil dan netral dari fakta-fakta harus selalu diterapkan.

Sebaiknya berikan konteks yang lebih luas pada strategi permainan video, seperti diskusi historis atau teknis dari permainan tersebut.

Hindari riset asli[sunting]

Wikibuku tidak mengijinkan riset asli, seperti mengusulkan teori dan solusi baru, serta menyajikan ide asli. Namun, Anda dapat menggunakan permainan video itu sendiri sebagai sumber primer; sehingga wajar untuk mendeskripsikan strategi tipikal yang mungkin ditemui selama permainan. Tetapi pernyataan mengenai strategi yang menjorok ke eksploitasi harus dihindari, kecuali jika sudah jelas atau ditulis dengan dukungan kutipan dari sumber sekunder maupun tersier yang terpercaya sebagai referensi.

Mengutip sumber sekunder atau tersier juga dapat membantu menjaga kenetralan halaman; setiap pernyataan kontroversial harus ditampilkan dalam konteks pendapat lain, dan tentunya harus didukung oleh sumber terpercaya.

Lihat juga[sunting]