Lompat ke isi

Wikibuku:Jangan menyerang pribadi

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
WB:NPA
WB:ATTACK

Jangan melakukan serangan pribadi di Wikibuku. Komentari kontennya, bukan kontributornya. Serangan pribadi merusak citra komunitas dan menghalangi kontribusi pengguna. Tidak ada yang suka dengan pelecehan.

Konsekuensi[sunting]

Beberapa Wikibukuwan menghapus serangan pribadi terhadap pihak ketiga secara instan. Pengguna proyek Wikimedia lainnya juga telah dilarang melakukan serangan pribadi, dan hal itu juga akan diterapkan di sini. Jika Anda mengalami serangan pribadi terus-menerus dan butuh bantuan untuk menghentikannya, kirim surel ke pengurus aktif, tinggalkan pesan di halaman pembicaraan mereka, atau ceritakan kronologinya di ruang baca bantuan.

Setiap serangan pribadi, apakah itu komentar sinis atau penghinaan pribadi langsung, tercakup dalam kebijakan ini. Serangan pribadi tidak dapat diterima di Wikibuku dan kebijakan ini mewajibkan semua Wikibukuwan untuk menghentikan serangan tersebut jika terjadi.

Ingatlah bahwa perselisihan di halaman pembicaraan dapat diakses oleh semua orang di Internet. Cara Anda berperilaku di Wikibuku secara tak langsung mencerminkan kelakuan Anda di dunia nyata. Tetaplah tenang.

Tetap rasional[sunting]

Kontributor mungkin tidak menyetujui suntingan Anda dan wajar jika mereka ingin mengungkapkan pandangan mereka. Berkomentar objektif dengan mempertimbangkan konten, bukan kepada mereka yang menulisnya, dan ingatlah bahwa kita semua adalah bagian dari komunitas yang sama, bekerja menuju tujuan yang sama: Buku-buku berkualitas.

Jangan pernah menilai pandangan seseorang tidak valid hanya karena siapa mereka di dunia nyata. Diskusikan masalah yang dipersengketakan, bukan atribut atau karakter orangnya. Ini tidak berarti bahwa Anda harus selalu setuju dengan orang lain, tetapi Anda tidak boleh membiarkan perselisihan menjadi dendam pribadi. Jelajahi masalah di forum yang non-publik seperti surel jika suatu debat berujung ancaman pribadi.