Lompat ke isi

Panduan Python 3 untuk Non-Pemrogram/Pengantar

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas

Hal pertama-tama[sunting]

Jadi, Anda belum pernah memprogram sebelumnya. Sambil membaca panduan ini, saya akan mencoba mengajarkan bagaimana cara memprogram. Hanya ada satu cara untuk belajar memprogram. Anda harus membaca kode dan menulis kode (yaitu istilah lain untuk menyebut program komputer). Saya akan menunjukkan kepada Anda banyak kode. Anda harus mengetik kode yang saya tunjukkan untuk melihat apa yang terjadi. Bermain-mainlah dengannya, dan buatlah perubahan. Hal terburuk yang dapat terjadi ialah programnya tidak berjalan. Saat saya mengetik suatu kode, ia akan diformat sebagai berikut:

# Python itu mudah dipelajari
print("Halo, Dunia!")

Format itu ialah agar mudah dibedakan dengan teks lainnya. Jika Anda membaca ini di Web, Anda akan melihat kodenya berwarna -- itu hanya untuk membuatnya lebih terlihat, dan untuk membuat bagian-bagian kode yang ada terlihat berbeda satu sama lain. Kode yang Anda masukkan mungkin tidak akan diwarnai, atau warnanya mungkin berbeda, tetapi tidak akan memengaruhi kode selama Anda memasukkannya dengan cara yang sama seperti yang diterlihat di sini.

Jika komputer mencetak sesuatu, maka akan diformat seperti ini:

Halo, Dunia!

(Perhatikan bahwa teks yang tercetak (print) ditampilkan di layar Anda, dan tidak di kertas. Dulu sebelum komputer memiliki layar, hasil program komputer akan dicetak di atas kertas.)

Perhatikan bahwa ini adalah tutorial Python 3, yang berarti bahwa sebagian besar contoh tidak akan bekerja di Python 2.7 atau versi sebelumnya. Selain itu, kecuali beberapa saja library Python 2.7 (library pihak ketiga), contoh-contoh sudah dikonversi ke Python 3. Kemungkinan besar Anda ingin belajar Python 3; tetapi jika Anda belajar Python untuk mendalami suatu paket atau set modul tertentu yang hanya ditulis dalam Python 2.7, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk belajar dari Tutorial Non-Programmer untuk Python 2.6. Walaupun demikian, perbedaan antara Python 2 dan 3 tidak terlalu besar, jadi jika Anda belajar salah satunya, Anda seharusnya dapat membaca program yang ditulis dalam versi yang lain tanpa kesulitan yang berarti.

Mungkin pula akan ada kombinasi antara teks yang Anda ketik (ditampilkan cetak tebal) dengan teks yang ditampikan oleh program di layar, sehingga akan terlihat seperti ini:

Stop!
Siapa di sana? Josh
Silahkan lewat, Josh

Saya juga akan memperkenalkan Anda pada istilah-istilah dalam pemrograman - misalnya, bahwa pemrograman sering disebut dengan istilah "koding" atau "hacking". Ini tidak hanya akan membantu Anda memahami apa yang sedang dibicarakan oleh para programmer, tetapi juga membantu dalam proses belajar.

Sekarang, lanjut ke hal-hal yang lebih penting. Untuk mulai memrogram dalam Python, Anda memerlukan perangkat lunak Python 3. Jika Anda belum memiliki perangkat lunak Python, pergilah ke www.python.org/download dan pilihlah versi yang tepat untuk platform Anda. Lalu unduh, baca instruksinya, dan instal.