Pembicaraan:Sejarah Internet Indonesia

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dimana saya bisa mendapat info lebih lanjut perihal topik "Sejarah Internet Indonesia" ini?


Misi wikibooks.org ini apa?

Wikibooks adalah proyek wiki yang berfungsi sebagai buku-buku elektronik untuk textbook yang bebas. Isi dari modul-modulnya haruslah tidak melanggar hak cipta (tidak disalin dari buku yang dicetak yang memiliki hak cipta). Wikibooks seperti Wikipedia, bukanlah tempat menulis blog. borgx (kirim pesan) 01:30, 7 Agustus 2006 (UTC)

Mengapa "Sejarah Internet Indonesia" (=SII) akan/harus pindah (lihat baris-baris pertama dari Sejarah_Internet_Indonesia)? – RMS

Bisakah Anda menulis dengan lebih jelas? pindah kemana? Siapa yg suruh pindah? borgx (kirim pesan) 03:35, 7 Agustus 2006 (UTC)

Mestinya ditanyakan ke teman Anda si onnowpurbo. dia yang menulisnya borgx (kirim pesan) 09:48, 7 Agustus 2006 (UTC)

Dari Sejarah singkat internet di indonesia[sunting]

Jaringan IntraNet di kampus-kampus merupakan kunci awal perkembangan Internet di Indonesia. Sebelum ada sambungan ke internet sudah ada jaringan komputer di lingkungan terbatas yang dikenal sebagai Local Area Network (LAN) di sejumlah lembaga pendidikan dan lembaga pemerintah di Indonesia.

Pada era 1980 sampai menjelang pertengahan tahun 1990an, di kalangan pendidikan tinggi (universitas) dengan para stake holders yang terdiri dari para akademisi, mahasiswa, dan ilmuwan telah timbul inisiatif untuk mengembangkan berbagai kegiatan seputar teknologi computer dan radio yang semula hanya merupakan hobby, kegiatan amatir, maupun bagian dari proses pendidikan mereka di perguruan tinggi menjadi suatu media telekomunikasi yang akan memudahkan pertukaran data dan informasi, tidak hanya dalam lingkungan kampus/lembaga-nya saja, namun mereka pun telah memiliki imajinasi bahkan keinginan untuk mengembangkan suatu jaringan/network antar kampus dan bahkan antar negara