Pembicaraan Pengguna:Anta Samsara 2.0

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Selamat datang, Anta Samsara 2.0!

Halo dan selamat datang di Wikibuku bahasa Indonesia!

Wikibuku adalah kumpulan buku yang isinya ditulis bersama-sama oleh para penggunanya dan disusun agar dapat dibaca dan disunting oleh siapapun juga.

  • Anda bisa mengucapkan selamat datang kepada pengguna lainnya di Halaman perkenalan
  • Pertanyaan, usulan, dan komentar tentang Wikibuku bahasa Indonesia bisa dilakukan di Warung kopi. Ingat menandatangani pesan Anda, sehingga pengguna lain mengetahui siapa sang penulis pesan, dengan mengetikkan ~~~~ (empat kali tanda gelombang/tilde).
  • Baca dan pelajarilah terlebih dahulu kebijakan dan pedoman yang berlaku di Wikibuku bahasa Indonesia.
  • Untuk mencoba melakukan penyuntingan, lakukanlah di bak pasir.
  • Perhatikan juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan di Wikibuku.
  • Untuk menulis profil atau sekilas informasi tentang anda, bisa dilakukan di Pengguna:Anta Samsara 2.0, sehingga pengguna lain bisa mengenal sedikit tentang Anda.


RaymondSutanto (bicara) 24 Juni 2019 17.57 (UTC)

Pedoman gaya[sunting]

Halo bung Anta Samsara, salam kenal. Saya perhatikan Anda rajin dalam mengembangkan konten di Wikibuku. Namun, ada beberapa catatan mengenai konten yang Anda buat, terutama pada penulisan subjudul.

  • Pertama, anda terlalu banyak memakai markah <big> yang berakibat tulisan menjadi sangat besar dan tidak enak dilihat. Saran saya, subjudul tidak perlu diberikan markah <big>. Markah <big> hanya digunakan pada judul utama yang memang butuh font berukuran besar.
  • Kedua, Anda juga memakai markah judul untuk setiap subjudul (misal =Subjudul=). Tanda sama dengan (=) satu kali menandakan judul, jadi semua subjudul Anda adalah judul. Selain tulisannya terlalu besar, juga tidak tepat dalam pedoman gaya Wiki. Markah subjudul dimulai dengan sama dengan 2 kali sebelum dan sesudah (misal ==Subjudul==), sehingga akan terlihat lebih rapi.
  • Ketiga, penulisan subjudul tidak perlu ditulis kapital semua. Huruf yang perlu dikapitalkan adalah huruf-huruf yang perlu saja, misalnya untuk awalan subjudul, nama tempat/lokasi/daerah, nama orang, judul karya, dsb; sehingga juga akan lebih rapi.

Anda dapat melihat pedoman gaya di Wiki dengan melihatnya di halaman Wikipedia: klik disini. Salam, RaymondSutanto (bicara) 17 Agustus 2020 19.02 (UTC)

Terima kasih atas tautan ke pedoman gaya menulis di Wikibuku. Saya sedang berupaya memperbaikinya satu-persatu, sambil melanjutkan tulisan yang sudah ada dan yang akan dibuat. Dimohonkan kritiknya jika memang ada hal lain yang perlu disampaikan. Anta Samsara (bicara) 4 September 2020 12.46 (UTC)
Pak apakah ada pedoman source code untuk pembuatan kamus yang lebih sederhana dibandingkan dengan Wiktionary? Soalnya kalau saya bikin plain jadi gak bisa dirujuk dari Wikibuku yang lain. Saya mau memutuskan sendiri mau menggunakan yang mana takutnya ada yang lebih baik. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya. Anta Samsara (bicara) 11 September 2020 15.27 (UTC)

Sebuah bintang untuk Anda[sunting]

Original Barnstar.png BintangWiki Wikibooks
"BintangWiki Wikibooks" diberikan kepada pengguna yang telah dikenal dengan kontribusinya yang berharga kepada Wikibooks, agar dapat diketahui komunitas bahwa hasil kerja-kerasnya diketahui dan dihargai.

-- Blue Sonic (bicara) 3 September 2020 00.06 (UTC)

Terima kasih, saya sedang memperbaiki formatnya, mengingat ada beberapa kesalahan short-code untuk judul dan sub-judul dari Wikibuku-Wikibuku sebelumnya. Bukanlah hal yang menyenangkan bekerja tanpa dunia sosial di era Corona; jadi saya berupaya sebaik mungkin menulis tanpa adanya energi sosial. Anta Samsara (bicara) 4 September 2020 12.47 (UTC)