Pemrograman C/Operand dan Operator

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Operand adalah sebuah objek yang ada pada operasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan operasi. Operand atau operator dalam bahasa C berbentuk simbol bukan berbentuk keyword atau kata yang biasa ada di bahasa pemrograman lain. Simbol yang digunakan bukan karakter yang ada dalam abjad tapi ada pada keyboard kita seperti =,<,>,* dan sebagainya.

Untuk itu mari kita bahas satu persatu

Assignment (=) Tanda Sama Dengan[sunting]

Operator sama dengan berfungsi menugaskan atau memberikan sebuah nilai pada suatu variabel.

contoh:

int a = 4;

Operator Aritmatika (+, -, *, /, %)[sunting]

Simbol Operator
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
% Modulo

Modulo digunakan untuk mencari hasil dari sisa pembagian. Contoh 10%3 =1, karena 10 jika dibagi dengan 3 menghasilkan sisa 1.

Modulo pada tipe data float[sunting]

Ketika kita mencoba mencari hasil dari sisa pembagian dari dua bilangan bertipe float atau desimal akan terjadi error dalam kompiler. Seperti potongan kode berikut ini.

float a, b, c; Jakobus
c = a%c;

Untuk mencari modulo atau modulus pada tipe data float harus dilakukan secara manual atau tanpa menggunakan keyword atau operator yang ada dalam bahasa c.

float a, b, c; int hasil = int (a/b); float c = a - float (hasil*b);

langkah pertama, bilangan pertama dibagi dengan bilangan kedua dan sisanya bertipe data integer, sehingga sisa hasil pembagian dianggap tidak ada contoh (10.5/3)=(3). langkah kedua, kita mencari sisa dari pembagian tersebut dengan cara bilangan pertama dikurangi dengan hasil pembagian bulat dari kedua angka dikali dengan bilangan kedua. sisa = 10.5 - float (3*3) sisa = 1.5

Compound assignment (+=, -=, *=, /=, %=, >>=, <<=, &=, ^=, |=)[sunting]

Compound assigment adalah kombinasi dari assigment operator (operator sama dengan), digunakan untuk memperpendek suatu ekspresi dari suatu operasi dalam program.

Ekspresi Bentuk Lain
a+=3 a = a + 3
a-=3 a = a - 3
a*=3 a = a * 3
a/=3 a = a /3
a%=3 a = a % 3
a>>=3 a = a >> 3
a<<=3 a = a << 3
a&=3 a = a & 3
a^=3 a = a ^ 3
=3 3