Pemrograman Clojure/Pengantar

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Clojure adalah bahasa pemrograman sekaligus kompilator. Sintaksis dari Clojure merupakan dialek dari Lisp. Lisp (dahulu disebut LISP), merupakan singkatan dari "List Processing" dan merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi tertua kedua setelah Fortran. Dialek lain dari Lisp antara lain adalah Common Lisp dan Scheme.

Clojure dibuat oleh Rich Hickey dan sekarang dikembangkan bersama-sama para pengembang lainnya yang tergabung dalam tim pengembang Clojure. Aktivitas mereka bisa dilihat di http://dev.clojure.org. Clojure merupakan software bebas / software dengan kode terbuka. Lisensi dari Clojure adalah Eclipse Public License 1.0 (http://opensource.org/licenses/eclipse-1.0.php). Kode sumber dari Clojure bisa diakses di Github (https://github.com/clojure/clojure).

Pada saat pertama kali dikembangkan, Clojure ditujukan untuk pengembangan di JVM (Java Virtual Machine). Semua kode sumber dari Clojure akan dikompilasi menjadi .class dan bisa dijalankan (jika dimaksudkan untuk dijalankan) di JRE (Java Runtime Environment) atau bisa "sekadar" menjadi pustaka dengan tingkat interoperabilitas yang baik antara Clojure dengan Java. Perkembangan berikutnya menunjukkan bahwa Clojure sangat diminimati oleh komunitas pengembang software dan terdapat beberapa usaha untuk mengarahkan hasil kompilasi ke beberapa tujuan lain:

  1. ClojureScript (https://github.com/clojure/clojurescript) - Kompilasi ke JavaScript
  2. ClojureCLR (https://github.com/clojure/clojure-clr) - Kompilasi ke .NET Framework
  3. clojure-py (https://github.com/halgari/clojure-py) - Kompilasi ke Python
  4. clojure-scheme (https://github.com/takeoutweight/clojure-scheme) - Kompilasi ke dialek Lisp lain, yaitu Scheme.