Pemrograman HTML/Tautan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sebagaimana yang diketahui, pada setiap situs web yang tersebar di seluruh dunia, dalam situs-situs tersebut pasti berisikan tautan-tautan. Baik itu secara arah, ke mana tautan itu dialihkan, baik ke luar maupun ke dalam suatu situs. Hingga ke dalam bentuk tautannya yaitu tautan jangkar (anchor) dan tautan telanjang (naked).

Pengaplikasian Tautan HTML[sunting]

Secara umum, situs web yang ada di dunia, menggunakan tag <a> untuk membuat sebuah tulisan menjadi sebuah tautan keluar maupun tautan masuk. Tentu saja setiap tag pembuka harus diakhiri dengan tag penutup. Jadi, ketika tag <a> dibuka maka harus diakhiri dengan tag penutupnya yaitu </a>

Contoh;

<a>Contoh Tulisan</a>

Namun, hasil dari contoh diatas tidak menghasilkan sebuah tautan. Hanya sebuah teks biasa saja. Untuk bisa mengaktifkan tulisan tersebut menjadi sebuah kata tautan adalah dengan penambahan elemen href.

Contoh;

<a href=https://id.wikibooks.org"Wikibuku</a>

Hasilnya adalah seperti ini;

Wikibuku

Contoh kedua bisa juga disebut sebagai tautan berbentuk jangkar (anchor link). Untuk naked, sebagai contoh, bisa mengikuti instruksi berikut'

<a href="https://id.wikibooks.org/"><https://id.wikibooks.org</a>

Hasilnya;

https://id.wikibooks.org

Yang membedakan adalah tulisan diantara <a> dengan </a> yang mana area tersebut dijadikan sebagai area untuk mengisi jangkar (anchor).

Variasi Tautan HTML[sunting]

Beberapa variasi bisa diaplikasikan dengan menggunakan elemen dan tag lainnya bahkan menggunakan CSS atau JS (javascript) via elemen class namun untuk itu, bisa dipelajari lebih lanjut untuk kedepannya.

Contoh beberapa variasi sebagai berikut;

1. Menjadi Tautan Ke Mainpage Tanpa Mengetikan URL

<a href="/">Wikibuku</a>

Hasil;

Wikibuku

Keterangan: Simbol slash "/" merupakan tautan polos yang jika tidak dialihkan akan selalu menuju halaman utama.

2. Menjadi Teks Miring

<a href="https://id.wikibooks.org"><i>Wikibuku</i></a>

Hasil;

Wikibuku

Keterangan: Tag italic diletakan di antara kode <a></a> dapat membuat hasilnya menjadi miring seperti yang ada pada contoh.

3. Menjadi Teks Tebal

<a href="https://id.wikibooks.org/"><b>Wikibuku</b></a>

Hasil;

Wikibuku

Keterangan: Tag bold diletakan di antara kode <a></a> dapat membuat hasilnya menjadi tebal seperti yang ada pada contoh.

4. Menjadi Teks Garis Bawahi

<a href="https://id.wikibooks.org/"><u>Wikibuku</u></a>

Hasil;

Wikibuku

Keterangan: Tag underline diletakan di antara kode <a></a> dapat membuat hasilnya menjadi tergarisbawahi seperti yang ada pada contoh.