Resep:Kosher

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
| Diet khusus 
Simbol kosher yang dikelola oleh Persatuan Ortodoks.

Kosher mengacu pada makanan yang disiapkan sesuai dengan hukum agama Yahudi. Makanan kosher adalah makanan yang boleh dikonsumsi oleh orang Yahudi yang taat. Aturan spesifiknya disebutkan dalam Kitab Taurat dan disempurnakan dalam Talmud. Ada dua kelompok aturan: apa yang boleh dimakan dan bagaimana cara menyiapkannya.

Aturan[sunting]

Apa yang bisa dimakan?[sunting]

  • Ikan apa pun yang memiliki sisik dan sirip "sekaligus". Artinya, kerang tidaklah kosher, begitu pula ikan seperti lele.
  • Hewan darat apa pun yang mengunyah makanannya dan mempunyai kuku yang terbelah. Domba dan sapi adalah hewan kosher, sedangkan babi, kuda, dan anjing tidak kosher. Babi memang memiliki kuku yang terbelah, tetapi mereka tidak mengunyah makanannya, sehingga tidak kosher. Baik rusa maupun kambing adalah kosher jika disembelih dengan benar. Ada juga batasan mengenai bagian tubuh dari hewan yang boleh dimakan. Beberapa bagian mungkin tidak pernah dimakan dan beberapa lainnya biasanya tidak diproses sebagai daging kosher di Amerika Serikat, karena perlu adanya tenaga kerja tambahan. Hot dog kosher tidak boleh mengandung beberapa bahan pengisi dan sisa lain-lain yang ditambahkan ke sebagian besar hot dog non-kosher.
  • Kitab Taurat berisi daftar burung apa saja yang tidak kosher, sebagian besar adalah burung pemakan bangkai dan predator. Burung yang kosher termasuk bebek, ayam, dan kalkun. Tapi burung unta tidak tergolong kosher.
  • Ada beberapa serangga kosher, seperti belalang. Ashkenazi dan sebagian besar kelompok Sephardi telah meninggalkan tradisi pengenalan spesies mana yang halal, namun masyarakat Yaman dan beberapa kelompok Mizrachi tetap mempertahankan tradisi ini dan dapat mengidentifikasi mereka dengan tepat (walaupun bagi sebagian besar orang Barat, memakan serangga tidaklah menggugah selera, sehingga hal ini hanya bersifat akademis).
  • Ada seperangkat aturan khusus yang lebih ketat untuk periode Paskah Yahudi yang mengecualikan sebagian besar produk gandum dan ragi. Komunitas Ashkenazi juga melarang beras, jagung, dan kacang-kacangan selama periode ini.
  • Darah dari apa pun tidak boleh dimakan.
  • Telur dari burung kosher adalah kosher. Telur tidak boleh dimakan jika ditemukan bercak darah.
  • Madu yang dibuat oleh lebah adalah kosher meskipun diolah dari serangga yang tidak kosher.
  • Hewan yang sakit atau terluka tidak boleh dimakan. Hewan korban tabrak lari tidaklah kosher.
  • Semua hewan kosher harus disembelih dengan benar agar dagingnya juga kosher.
  • Ada beberapa batasan pada tanaman, harus diperiksa apakah ada serangga di dalamnya.
  • Minuman apa pun yang terbuat dari buah anggur, termasuk jus anggur dan minuman anggur, memerlukan pemrosesan dan pengawasan khusus agar menjadi kosher.
  • Gelatin biasanya dibuat dari kuku atau tulang hewan yang tidak kosher, namun gelatin kosher juga bisa diperoleh dari ikan kosher, hewan kosher, atau produk nabati.
  • Tanyakan pada rabbi setempat atau organisasi kosher untuk rincian lebih jelasnya.

Persiapan[sunting]

  • Tidaklah cukup jika seekor binatang hanya tergolong kosher; hewan tersebut juga harus disembelih dengan cara tertentu untuk meminimalkan rasa sakit yang dirasakannya.
  • Daging harus "di-kosher", yang menghilangkan darah dari daging. Hal ini dilakukan dengan penggaraman atau pemanggangan. Kebanyakan daging kosher bisa dibeli di kasir.
  • Susu dan daging tidak bisa dimasak atau dimakan bersamaam, termasuk mengonsumsi produk susu dan daging dalam jangka waktu tertentu. Tergantung kebiasaan keluarga, jaraknya bisa lebih dari 5 jam atau 3 jam sebelum mengonsumsi produk susu setelah produk daging. Ada yang berpendapat bahwa diperbolehkan berkumur sebelum mengonsumsi produk daging setelah produk susu, kecuali sehabis memakan keju yang sudah tua, yang memerlukan masa tunggu yang sama seperti yang diwajibkan untuk mengonsumsi produk susu setelah daging. Seseorang harus memiliki dua set panci masak dan piring meja yang berbeda untuk susu dan daging. Baik burung maupun mamalia dianggap sebagai daging, sedangkan ikan, serangga, dan telur tidak dianggap sebagai produk susu atau daging. Ikan bisa dimakan bersama dengan daging atau produk susu, meski ada yang berpendapat bahwa seseorang tidak boleh makan ikan dan daging pada hidangan yang sama. Beberapa orang Yahudi berlatar belakang Sephardik mengikuti aturan Maimonides, dan tidak mencampurkan ikan dengan produk susu apa pun.

Barang yang dibeli di toko[sunting]

U atau K dalam lingkaran adalah dua dari banyak simbol yang digunakan oleh umat Yahudi di Amerika Serikat untuk mengidentifikasi produk kosher. Huruf "k polos" [sebuah K sendiri] tidak berarti bahwa makanan tersebut bersertifikat kosher, namun perusahaanlah yang menyatakan makanan tersebut kosher. Banyak umat Yahudi yang tidak mennganggap "k polos" sebagai sertifikasi kosher yang sah. Beberapa umat Yahudi tidak akan menerima sertifikasi tertentu, karena interpretasi dan tingkat ketaatan berbeda-beda tiap orangnya.

Menghibur[sunting]

Jika Anda menghibur orang yang Anda kenal atau anggap memiliki diet kosher, pastikan untuk bertanya kepada mereka tentang aturan pribadi mereka, karena ada banyak interpretasi dan variasi dari kosher. Tergantung pada ketaatan mereka, mereka mungkin tak keberatan menyantap hidangan vegetarian yang dimasak di rumah Anda, atau mungkin merasa tidak nyaman melakukan apa pun selain makan buah yang tidak diolah. Kosher yang ketat mencakup pengkategorian wadah memasak, wadah penyajian, peralatan makan, dan permukaan memasak apakah layak atau tidak. Umumnya, jika panci sebelumnya digunakan untuk memasak daging non-kosher, maka panci tersebut tidak dapat digunakan untuk memasak makanan kosher.

Hari libur[sunting]

Liburan merupakan bagian penting dalam kehidupan umat Yahudi, dengan memiliki banyak makanan khusus terkait. Hari Paskah Yahudi khususnya, memiliki masakan lengkap, karena ada larangan roti beragi. Untuk resep yang kosher khusus untuk Paskah Yahudi, lihat Kategori:Resep Paskah Yahudi.

Resep[sunting]

Kategori Resep kosher tidak ditemukan

Pranala luar[sunting]