Resep:Pai Susu

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pai susu (Bahasa inggris: egg tart)[1] adalah kue panggang berbentuk bulat yang memiliki kulit garing dan renyah serupa pastei berisikan adonan kuning telur dan krimer kental manis. Namun tidak seperti pastei pada umumnya, pai susu khas Indonesia memiliki kulit yang tipis sehingga menjadi camilan yang sangat ringan dan dapat dinikmati dalam sekali gigitan.

Daerah Asal[sunting]

Pai susu Indonesia disinyalir merupakan makanan khas kontemporer dari Bali. Terdapat banyak gerai dan merek pai susu di sejumlah kota di Bali antara lain, Pia Made Bali, Pai Susu Asli Enaaak, Pai Susu Krisna, Pai Susu Nirmala, Pai Susu Seruling Emas, Pai Susu Chandra, Pai Susu Barong, Pai Susu Dian[1]. Saat ini pai susu menjadi jenama oleh-oleh khas Bali yang dicari wisatawan dan mulai berkembang dalam varian rasa selain rasa susu itu sendiri.

Bahan Pai Susu[sunting]

Bahan untuk membuat pai susu terdiri dari bahan kulit dan bahan isi[2]. Keduanya dibuat masing-masing terlebih dahulu lalu akan disatukan sesaat sebelum dipanggang.

Bahan kulit:

  • 200 gram tepung protein sedang
  • 25 gram gula halus
  • 1 butir telur
  • 70 gram margarin atau mentega beku

Bahan isi:

  • 2 butir kuning telur
  • 300 ml air
  • 1 sdm tepung jagung
  • 200 gram kental manis

Cara Membuat Pai Susu[sunting]

  1. Membuat kulit: campur tepung, mentega, gula halus, dan telur menjadi satu. Aduk-aduk ketiganya menggunakan garpu/pisau pastri hingga mencapai adonan yang menyatu. Diamkan selama 5-20 menit di dalam pendingin. Kemudian keluarkan dan giling melebar dengan ketebalan 1/2 cm, dan mencetaknya dalam cetakan pai yang biasanya berdiameter 7 cm.
  2. Membuat isi: masak campuran kental manis, bersama dengan air, dan tepung jagung di atas kompor. Aduk-aduk hingga adonan meletup. Diamkan sejenak sampai mencapai suhu hangat-hangat kuku, lalu masukkan kuning telur ke dalamnya, aduk-aduk kembali.
  3. Masukkan adonan isian ke dalam kulit, lalu panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius sampai matang selama kurang lebih 45 menit hingga kekuningan
  4. Nikmati selagi hangat atau jika ingin dikemas tunggu sampai dingin terlebih dahulu.

Referensi[sunting]

  1. https://jejakpiknik.com/pie-susu-bali/
  2. https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-pie-susu-bali-yang-enak-lembut-dan-gurih