Lompat ke isi

Sejarah Sumatra (Marsden)/Ulasan buku

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas

Berikut ini adalah ulasan-ulasan buku ini:

upperbalsman[sunting]

Kalo saya boleh mereka ulang judulnya, maka judul yang saya akan beri adalah: "Deskripsi Keseluruhan Keadaan Sumatra Abad 19 Awal beserta Sejarah Singkatnya"

Karena dari 700++ halaman yang disajikan Marsden, baru di halaman 500+ pembaca akan disajikan tulisan yang berfokus "Sejarah" sebagaimana yang kita familiar di masa modern. Yaitu tentang cerita dan peristiwa dan dampaknya sampai sekarang.

Tapi bukan berarti ini nggak layak untuk dibaca, 500-an halaman pertamanya penuh sekali dengan info yang luar biasa berguna dan unik, karena sama sekali tidak istana-sentris.

Marsden mengidintifikasi Tanaman, Bunga, Hewan, Dan hampir segala-galanya ditulis dengan lengkap.

Mulai dari Tanaman obat apa untuk penyakit apa, Tanaman apa untuk baju, Bagaimana cara rakyat berpakaian, bagaimana rakyat membudidayakan tanamanya, bagaimana rakyat membabat hutan tanpa gergaji, sejarah perdagangan suatu komoditas juga secara singkat2 dijelaskan diantaranya.

Kerajinan emas apa yang diekspor sampai Eropa, bagaimana bentuk pemerintahanya, adat istiadat, dan yang paling menarik bagaimana bentuk peradilan dalam masyarakat lengkap dengan contoh kasusnya

Semua ini dijelaskan sedemikian rupa dengan kalimat gaya-gaya yang dibayangan saya mirip seorang narator dokumenter yang suaranya khas, seperti David Attenborough.

Barulah setelah membahas segala macam topik, Marsden bergerak ke sekitar 4-5 bab terakhir yang berbicara Sejarah yang Istana-sentris. Sejarah Bengkulu, Indragiri, Pagaruyung, Batak, dan yang paling lengkap disajikan, Aceh.

7/10. [1]

Ardianto Tjin[sunting]

Buku sejarah Sumatera merupakan buku yang mengulas berbagai keadaan alam dan perilaku manusia yang berada di Sumatera saat zaman kolonial Inggris, bahasa yang digunakan termasuk mudah untuk dipahami oleh pembaca pemula Indonesia. [2]

Joklapri Siregar[sunting]

Buku tentang perilaku masyarakat Sumatra di abad 18 dari sudut pandang pegawai EIC..jadi bisa memahami karakter masyarakat. [3]

Sopopanisioan[sunting]

[4]

Ringkasan buku[sunting]

History of Sumatra karya William Marsden merupakan sebuah penulisan sejarah yang terjadi pada saat berlangsungnya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. William Marsden memulai pengamatannya pada tahun 1771. Ia melakukan pengamatan dan berhasil mengungkapkan hal-hal yang belum pernah terungkap sebelumnya. Marsden bukanlah orang Eropa pertama yang mengunjungi Sumatra pada masa itu, beberapa penjelajah dari berbagai negara lain juga pernah singgah sejenak di pulau Sumatra, akan tetapi catatan perjalanan Marcopolo tidak secara detail mendeskripsikan Sumatra sebagaimana dilakukan oleh Marsden. Karya dari William Marsden ini merupakan sebuah prestasi besar dalam mengkaji wilayah-wilayah asing di luar benua Eropa. Tulisan Marsden tentang Sumatra merupakan sebuah karya besar pada abad ke-18 yang ditulis berdasarkan hasil riset dan observasi yang sudah tergolong canggih apabila meninjau kurun waktu dimana ia hidup.

Buku ini menceritakan tentang karakteristik geografis wilayah Sumatra, mulai dari udara, metereorologi, iklim, kondisi tanah dll. Kondisi penduduk dan kehidupan sosiologi-antropologis masyarakat Sumatra pada masa itu. Menceritakan tentang flora dan fauna serta komoditi pertambangan yang terdapat di Sumatra. Menceritakan tentang kebudayaan, hukum, adat istiadat dan tata perilaku masyarakat Sumatra pada masa itu. Menceritakan tentang perbedaan penduduk antar daerah hingga sejarah kerajaan-kerajaan di Sumatra. Mulai menceritakan tentang awal Kolonialisasi, dan menceritan tentang pulau-pulau lepas pantai pesisir barat Sumatra. [5][6]

Bahasa Inggris[sunting]