Lompat ke isi

Teknik Informatika/Program

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas

Apa itu Program?[sunting]

Apa itu program? Saya sendiripun agak kesulitan menjelaskan "apa itu program".

Yang jelas, kita bisa menggolongkan semua hal yang ada di dalam komputer menjadi dua : program dan data. Jadi, kalau tidak program, ya dia pasti data. Coba cek isi flashdisk kita. File .docx? Itu data. File .xlsx? Itu data. Gambar .png? Itu data. File .exe? Nah, itu baru program. Cek isi memori smartphone kita. File .jpg? Itu data. File .txt? Itu data. File .apk? Nah, itu baru program.

Sekarang, coba kita sebutkan, apa apa saja yang termasuk sebagai program. Sistem operasi itu program. Berarti, Windows, Linux, Mac OS, Android, semuanya itu program. Semua aplikasi android yang ada di Play Store itu program. Jadi, Youtube, WhatsApp, Gmail, Google Maps, itu semua program. Semua aplikasi yang bisa kita install di komputer kita, itu pun program. Jadi, Microsoft Office, Google Chrome, Adobe Photoshop, itu semua program. Semua game (baik di komputer maupun di hp) itu pun program.

Program bisa dijalankan. Kita buka aplikasi game, lalu kita mainkan. Buka WhatsApp, kita bisa chat atau melihat-lihat status. Begitu seterusnya.

Data dibaca menggunakan program. Misalnya, file .docx bisa dibuka menggunakan program Microsoft Word. File .jpg bisa dibuka menggunakan program Image Viewer. Begitu seterusnya.

Apa fungsi Program? Mengapa Program perlu ada?[sunting]

Kenapa program ada? Karena perlu. Setiap program memiliki tujuannya masing-masing. Misalnya :

  • Wikipedia. Wikipedia itu pun program. Fungsinya agar penulis bisa bekerjasama menulis artikel secara online, juga agar pembaca bisa membaca artikelnya dengan nyaman via browser di komputer dan di hp.
  • Sistem operasi. Fungsinya untuk mengendalikan Hardware komputer secara keseluruhan. Lalu, kendali atas hardware ini akan diberikan ke program lainnya. Misalkan, kita punya hp android. Kita membaca artikel wikipedia menggunakan Google Chrome, sambil memutar musik. Disini, prosesnya, pertama android mengendalikan seluruh hardware hp kita secara keseluruhan. Baik itu layar, speaker, memori, CPU dan sebagainya. Setelah itu, kendali hardware ini akan dibagi-bagikan ke aplikasi yang membutuhkan. Misalnya, Google Chrome perlu layar untuk menampilkan artikel wikipedia. Android akan memberikan kendali hardware layar ke Google Chrome. Lalu, aplikasi pemutar musik perlu speaker untuk mengeluarkan suara musik. Android akan memberikan kendali hardware speaker ke aplikasi pemutar musik. Android memastikan bahwa proses pembagian kendali hardware berjalan dengan tertib, tidak saling berebut. Itulah fungsi utama sistem operasi. Mengatur jatah pembagian kendali hardware secara tertib kepada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan.
  • Game. Game dibuat agar bisa dimainkan dengan seru dan menyenangkan.

Bagaimana cara membuat Program?[sunting]

  1. Pertama, tentukan dulu tujuannya. Program apa yang ingin kamu buat?
  2. Lalu, tentukan hardware target programnya. Apakah kamu ingin membuat program komputer? Atau program mobile di hp? Atau program Web yang bisa diakses menggunakan Browser di hp dan di komputer?
  3. Lalu, pilih Bahasa Pemrograman yang akan kita gunakan untuk membuat program kita. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kita harus jeli memilih sejak awal.
  4. Lalu, tulis programnya menggunakan bahasa pemrograman yang sudah kita pilih

Contoh[sunting]

Supaya lebih jelas, berikut beberapa contoh proses pembuatan program. Dari awal sampai akhir.