Wikibuku:Pedoman Konten/Usul

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nuvola apps edu languages.png Kebijakan ini merupakan suatu usulan, jadi Anda bisa menambahkan/koreksi tambahan. Untuk usulan tambahan/diskusi mengenai Pedoman Konten/Usul, harap tulis di halaman pembicaraannya.

Kebijakan ini mengatur isi dari halaman tersebut. Diantaranya:

NPOV atau sudut pandang netral[sunting]

Kebijakan sudut pandang netral menyatakan bahwa artikel haruslah ditulis tanpa berat sebelah, dengan mewakili semua sudut pandang secara adil.Kebijakan ini memang gampang disalahartikan. Ini tidak berarti bahwa menulis sebuah artikel dari sudut pandang tunggal, tak berat sebelah, dan obyektif itu suatu hal yang mungkin. Kebijakan itu menyatakan bahwa kita perlumewakili secara adil semua pihak dari sebuah pertentangan, dan tidak membuat sebuah artikel menyatakan, baik secara langsung maupun tak langsung bahwa salah satu pihak adalah benar. Penting bagi para Wikiwan dan Wikiwati untuk bekerja sama agar artikel-artikel menjadi adil. Inilah salah satu keuntungan dari Wikibuku. Menulis sebuah artikel yang adil adalah suatu seni yang perlu dilatih.

Jangan membuat kebohongan[sunting]

Kebohongan adalah usaha untuk menipu seseorang menjadi percaya bahwa sesuatu yang salah adalah nyata. Karena Wikibuku adalah"buku yang bisa disunting siapapun", kebohongan dapat terjadi di mana saja.

Jangan membuat spam[sunting]

Spam dalah penambahan informasi atau tautan yang tidak sesuai ke Wikibuku dengan tujuan untuk mempromosikan organisasi, individu, atau hal lain (beriklan).Spam tidak diterima di Wikibuku, jadi jangan lakukan itu dan jika Anda menemukan spam, tolong bantu untuk membuang spam dari Wikibuku.

Hindari tulisan awur-awuran[sunting]

Penulis dan penyunting Wikibuku seringkali menyumbangkan prosa yang indah, tapi kadang juga tulisan awur-awuran (nonsense). Tulisan jenis terakhir dapat dikategorikan menjadi dua:1.Tulisan atau karakter acak yang sama sekali tidak memiliki arti. Contohnya adalah

  1. "svn9664452=-087xk", yang dihasilkan dengan penekanan acak tombol-tombol pada papan ketik (keyboard) komputer.
  2. Isi yang walaupun kelihatan bermakna, ternyata sama sekali omong kosong dan membingungkan sehingga sama sekali tidak bisa dimengerti oleh orang yang memiliki akal sehat.

Pengguna yang terbukti melakukan hal itu, dapat diblokir dari menyunting wikibuku.