Wikijunior:Asia/Jepang

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang kebesaran Kekaisaran Jepang

Jepang adalah negara di Asia Timur yang dijuluki "Negeri Matahari Terbit". Jepang ditinggali oleh 127 juta orang (pada 2014), dan sebagai hasilnya, negara ini merupakan yang terbesar ke-10 di dunia menurut populasi.

Jepang terdiri dari 7.000 pulau-pulau (pulau terbesar yakni Honshū), membuatnya menjadi negara berpulau terbanyak ke-7 di seluruh dunia. Karena terdapat banyak gugusan/kelompok pulau, Jepang secara geografis sering disebut negara-kepulauan.

Jepang merupakan negara yang sangat maju (standar hidup tinggi, militer yang kuat, dan negara dengan kematian bayi terendah ke-3 (kematian anak kurang dari 1 per tahun) bila dibandingkan dengan negara lain--Juga merupakan negara paling aman dan damai di Asia).

Warga Jepang dipimpin oleh perdana menteri yang dipilih dalam pemilihan umum, dan perdana menteri sekarang adalah Kishida Humio (sejak 2021). Mata uang Jepang adalah yen.

Jepang di mana?[sunting]

Lokasi Jepang

Jepang terletak di Asia Timur. Jepang terdiri dari empat pulau utama: Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Jepang berada di sisi timur Korea Utara dan Selatan. Di sisi utara ada Rusia dan di selatan ada Taiwan. Perairan di sana ada Samudra Pasifik di timur, dan Laut Jepang di barat.

Berapa banyak penduduk Jepang?[sunting]

Upacara pernikahan di Kuil Meiji

Terdapat sekitar 127,13 juta penduduk Jepang pada 2015. 80 persen di antaranya tinggal di pulau Honshu. Tokyo merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di sana. Luar biasanya kota tersebut ditinggali 9,1 juta orang. Belum ada data terkini terkait persentase kelompok etnik.

Bahasa apa yang banyak digunakan di Jepang?[sunting]

Secara hukum tidak ada bahasa resmi di Jepang. Bahasa paling umum tentunya bahasa Jepang.

Di Jepang agama apa yang banyak penganutnya?[sunting]

Estimasi mengenai agama di Jepang cukup beragam. Kadang terdata Buddha atau Shinto dianut oleh 84 hingga 96 persen. Estimasi lain menyebut hanya 30 persen yang beragama.

Meski begitu, orang Jepang masih melakukan praktik spiritual lain seperti festival. Mereka juga mengunjungi kuil setiap Tahun Baru tiba. Tao dan Konghucu adalah agama dari Tiongkok yang berkembang dan telah disesuaikan dengan kebudayaan Jepang. Dekorasi menjadi umum saat perayaan Tanabata, Obon, juga Natal.

Hanya sedikit umat Kristen di sana. Kurang dari satu persen.

Kurang dari 0,08% (utamanya asal Indonesia) yang beragama Islam. Muslim Jepang asli hanya 0,008% dari total populasi.