Wikijunior:Biologi/Asal Usul Kehidupan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Segala makhluk hidup hidup bersama-sama dalam satu lingkungan. Mereka butuh sumber daya dari lingkungannya, misal makanan, air dan tempat tinggal. Sumber daya ini terbatas, terkadang banyak organisme yang berebut sumber daya, ini disebut persaingan. Di saat dua makhluk hidup bersaing untuk dapat sumber daya, satu dari mereka menang dan memakan (atau memakai) sumber daya itu. Ketika persaingan sumber daya membuat diri mereka lebih kuat, ini disebut sebagai adaptasi. Dan sejak saat itu adaptasi diwariskan ke anak mereka, waktu terus berjalan, adaptasi tersebut menjadi umum dalam populasi-nya, atau kelompok dengan cara hidup yang sama akan selalu bertahan hidup. Tadi itu disebut sebagai seleksi alam, atau evolusi.

Ketika kelompok kecil makhluk hidup (populasi kecil) berpisah dengan populasi utama mereka berasal (misal jika mereka pergi ke pegunungan atau sungai, atau jika mereka sampai di pulau lain, mereka akan sulit balik ke tempat asalnya) mereka akan hidup di lingkungan baru dengan cara berbeda dari biasanya. Lingkungan baru ini punya sumber daya dan pesaing yang beda, jadi populasi ini butuh suatu yang baru atau beradaptasi menjadi pesaing yang lebih kuat dibanding dulu. Kelompok asli tetap sama, mereka masih hidup dengan cara biasanya. Ketika kelompok asli mulai berpindah lingkungan, mereka akan sedikit demi sedikit berbeda dari kelompok lain. Akhirnya setelah ribuan dan jutaan tahun, dua kelompok tersebut tidak lagi sama spesiesnya. Proses ini disebut spesiasi, maksudnya pembentukan spesies yang baru. Spesiasi tidak dapat dihindarkan dan sangat penting dalam hal evolusi.

Planet kita, Bumi, ada sejak 4,5 miliar tahun yang lalu. Awalnya, Bumi hanya berisi batu dan air. Tidak ada makhluk hidup. Tapi, sekitar 3,8 miliar tahun lalu, kehidupan pertama muncul di air. Makhluk ini kecil, lebih kecil dari sel tunggal, namun sel ini bisa membelah diri dan menjadi lebih banyak sel. Miliaran tahun berlalu, satu dari sekian sel berevolusi, menjadi lebih kompleks. Akhirnya, sekitar 1 miliar tahun lalu, kehidupan bersel banyak muncul. Banyak dari makhluk hidup yang dulu ada kini tak bisa ditemukan lagi, ini karena makhluk baru lebih kuat sehingga makhluk lama akan punah, kita tahu mereka ada dengan bukti berupa penemuan fosil, sebuah bekas kehidupan yang terkubur di dalam bebatuan.