Lompat ke isi

Wikijunior:Biologi/Pembuka

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas

Biologi adalah kajian mengenai kehidupan. Ini membantu kita memahami banyak hal, misal bagaimana tubuh kita bekerja, bagaimana tubuh kita tetap hangat, dan bagaimana kita tercipta. Biologi sangat penting untuk dipahami. Hal yang kita pelajari dalam biologi di antaranya genetik (kajian akan silsilah manusia), zoologi (kajian akan hewan-hewan), dan ekologi (kajian akan timbal balik tiap makhluk hidup).

Orang yang mempelajari biologi disebut sebagai biolog.

Apa itu kehidupan?[sunting]

Makhluk hidup berbeda dengan benda mati. Mudah mengetahui mana makhluk hidup dan mana yang bukan, tapi sulit jika dijelaskan, seperti organisme yang sangat kecil.

Berikut adalah ciri-ciri makhluk hidup. Kita tahu bahwa beberapa benda mati juga cirinya sama.

  • Makhluk hidup dapat berubah dan berkembang. Akan tetapi, gunung berapi juga bisa berubah dan berkembang kalau dia meletus.
  • Makhluk hidup bisa bergerak. Akan tetapi, angin juga bisa bergerak, dan air bisa terjun dari tebing.
    • Persis seperti hewan, tumbuhan pun bisa bergerak. Mereka bertumbuh, dan terus berkembang, ini terjadi karena tumbuhan mendapat air dan sinar matahari yang cukup. Contohnya, bunga matahari akan berusaha berputar di siang hari untuk mengikuti arah matahari. Begitu pula dengan tanaman yang terbalik akan berusaha kembali ke arah matahari.
  • Makhluk hidup bisa memperbanyak diri, artinya mereka bisa menyalin dirinya agar tetap hidup. Ini lah perbedaan menonjol antara makhluk hidup dengan benda mati.
    • Di saat memperbanyak diri, makhluk hidup butuh nutrisi, yaitu sumber nutrien dan energi agar dia bisa merakit bahan untuk memperbanyak dirinya. Dalam tahap ini, makhluk hidup membuang sisa-sisa. Sisa-sisa adalah bahan yang tidak bisa digunakan, atau bisa jadi sesuatu yang berbahaya.

Hewan, bakteri, dan tumbuhan adalah contoh makhluk hidup. Sungai, gunung, laut, dan tanah adalah contoh benda mati, tapi mereka adalah tempat tinggal makhluk hidup.

Mobil dan meja bukan makhluk hidup, karena mereka tidak bisa memperbanyak dirinya sendiri.

Taraf kehidupan[sunting]

Makhluk hidup punya ukuran yang beragam. Ukuran itu penting, karena dalam biologi makhluk hidup digolongkan menurut ukurannya. Makhluk hidup disebut sebagai organisme. Organisme ada yang bersel tunggal, ada pula yang bersel banyak, yang kemudian bersatu menjadi suatu jaringan dan organ.

Makhluk hidup diurutkan dari yang kecil hingga yang besar:

[[Templat:NAMABUKU/core/Sel|Sel]]
Sel bentuknya sangat kecil, dan hanya bisa dilihat bila menggunakan mikroskop. Ukuran mereka hanya sekitar seperseribu milimeter.
[[Templat:NAMABUKU/core/Jaringan|Jaringan]]
Jaringan terbuat dari banyak sekali sel yang berlaku sama, seperti otot, yang semuanya bersatu.
[[Templat:NAMABUKU/core/Organ|Organ]]
Organ terbuat dari banyak sekali jaringan. Organ punya fungsi khusus, seperti jantung, yang memompa darah.
[[Templat:NAMABUKU/core/Sistem|Sistem organ]]
Sistem organ adalah kelompok organ yang bekerja sama. Misal, lambung dan usus membentuk sistem pencernaan.
Organisme
Organisme adalah makhluk hidup, seperti manusia, atau pohon.
Populasi
Populasi adalah kelompok organisme dari spesies yang sama dan hidup bersama.
Komunitas
Komunitas adalah kelompok populasi dari beragam spesies, yang hidup bersama; misal, semua ikan di danau.
Ekosistem
Komunitas organisme hidup di satu area, dan cara mereka berinteraksi dengan benda mati seperti sungai atau cuaca di area tersebut, membentuk suatu ekosistem.
Bioma
Bioma adalah wilayah besar di Bumi yang memiliki iklim serta jenis makhluk hidupnya sendiri. Bioma besar contohnya tundra, hutan, padang rumput, dan padang pasir.
Biosfer
Biosfer adalah seluruh jejaring makhluk hidup di Bumi - luasnya bisa berdiameter delapan puluh ribu mil, dua puluh lima ribu mil, di dekat khatulistiwa.

Segala daftar di atas tercipta berurutan dan saling bahu membahu. Misal, komunitas terdiri dari banyak populasi, dan populasi terdiri dari banyak organisme.