Lompat ke isi

Wikijunior:Eropa/Rumania

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Peta menampilkan lokasi Rumania (hijau) di benua Eropa

Rumania adalah negara luas di tenggara Eropa, berbatasan dengan Ukraina, Moldova, Bulgaria, Serbia, dan Hungaria. Ibu kota negara ini adalah Bukares, sedangkan kota besarnya adalah Cluj-Napoca, Timișoara, dan Iași. Rumania bergabung ke Uni Eropa pada 1 Januari 2007. Mata uangnya adalah leu.

Sejarah Rumania[sunting]

Bendera Rumania.

Antara 1945 sampai 1989 Rumania merupakan negara komunis, dan bagian dari kelompok Pakta Warsawa asal tengah dan tenggara Eropa. Pada 1947 negara berpindah haluan ke republik, dan raja terakhir mereka melarikan diri dari negerinya. Antara 1965 sampai 1989 negara berada di bawah pimpinan Presiden Nicolae Ceaușescu. Musuh pemerintah akan dipenjara bahkan dibunuh. Pada 25 Desember 1989 Nicolae Ceaușescu kehilangan kekuasaanya lalu mencoba ke luar negeri, namun dia ditangkap kemudian dieksekusi.

Pada 1989 Rumania merupakan negara demokratik dengan ekonomi berkembang. Krisis keuangan pada akhir 2000-an dan awal 2010-an menciptakan huru-hara di negeri ini.

Geografi Rumania[sunting]

Dengan wilayah permukaan seluas 238.391 kilometer persegi, Rumania merupakan negara luas di tenggara Eropa. Rumania merupakan teritori terluas ke-9 dan populasi terbesar ke-7 di Uni Eropa. Lanskap alam di Rumania seimbang baik gunung, bukit, dan dataran. Musim semi menjadi musim terbagus, pagi dan malam sejuk, dan siang hangat. Musim panas sangat panas. Musim gugur kering dan sejuk, dengan bidang dan pohon yang memproduksi dedaunan berwarna. Musim dingin cenderung sangat dingin dan berkabut.

Sungai Danube (sungai terpanjang di Eropa) membentuk bagian perbatasan antara Rumania dan Serbia dan Bulgaria, dan mengaliri pesisir Laut Hitam Rumania hingga ke lautannya. 5% teritori Rumania dilindungi karena merupakan bagian lahan Taman Nasional. Pada ketinggian 2.544 meter, Puncak Moldoveanu menjadi gunung tertinggi di Rumania.

Kastel Bran, dibangun tahun 1212, umumnya disebut Kastel Drakula. Juga merupakan salah satu kediaman milik Drakula Vlad III
Puncak Pietrosu (2.303 m)

Orang Rumania[sunting]

Penduduk Rumania berjumlah 20,1 juta. Etnik Rumania membentuk 90 persen dari total populasi. Etnik minoritas besar adalah etnik Hungaria, mereka membentuk 7 persen populasi, dan etnik Rum (Gipsi) merupakan 3 persen dari populasi Rumania. Bahasa resmi di Rumania adalah bahasa Rumania. Bahasa Rumania merupakan bahasa utama yang dipakai oleh 91% populasi, disusul oleh bahasa Hungaria dan Rum, dua bahasa minoritas terbanyak penuturnya. Lembaga agama di sana adalah Gereja Ortodoks Rumania. Lebih dari 1.000.000 etnik Rumania tinggal di luar negeri, di Jerman, Spanyol, dan Italia.