Windows XP untuk Power User/Bab 1

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search

Windows XP adalah sebuah sistem operasi berbasis kernel Windows NT yang dirilis pada bulan Juli 2001. Daripada Windows 2000 yang ditujukan untuk bisnis, Windows XP ini ditujukan sebagai sistem operasi yang bersifat multi-purpose, banyak kegunaan. Mulai dari komputer perseorangan yang digunakan di rumahan, hingga komputer yang bersifat embedded (seperti dalam printer atau router). Karena

Sejarah pengembangan[sunting]

Untuk memahami bagaimana Windows berevolusi, kita harus kembali ke zaman baheula, ketika komputer pribadi mulai menjamur: tahun 1974!

Microsoft Corporation[sunting]

Sejarah Windows dimulai oleh Microsoft Corporation. Microsoft Corporation merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di dalam pasar dunia perangkat lunak komputer paling sukses. Sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang ini, para pendiri Microsoft Corporation seperti William Henry Gates III (atau dikenal juga dengan Bill Gates) dan Paul Allen (dan beberapa pekerja awal seperti Steve Ballmer), bekerja sangat keras untuk mempertahankan perusahaan tersebut.

Proyek pertama mereka adalah mengutak-atik komputer mini (minicomputer) paling populer saat itu: PDP-8 (PDP merupakan singkatan dari Programmable Data Processor) yang diluncurkan oleh Digital Equipment Corporation (DEC). Mereka tidak memiliki komputer tersebut sendiri, sehingga mereka pun meminjam komputer yang dimiliki oleh kampus mereka. Mereka membuat sebuah interpreter bahasa BASIC untuk DEC PDP-8 tersebut.

Pertengahan tahun 1970-an, muncullah sebuah tren baru yaitu komputer mikro atau microcomputer. Segmen microcomputer merupakan salah satu segmen pasar komputer dengan bentuk yang lebih kecil daripada minicomputer dan tentu saja memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan minicomputer. Nama microcomputer diambil dari dua kata, yakni micro dan computer. Kata micro di dalam microcomputer diambil dari microprocessor, yang berarti prosesor mikro/mikroprosesor, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa microcomputer merupakan sebuah komputer yang dipersenjatai dengan mikroprosesor. Karena memiliki kinerja yang lebih rendah, microcomputer dibanderol dengan harga yang terjangkau oleh publik: kurang dari US$ 5000 dolar.

Komputer mikro yang pertama kali diluncurkan adalah Altair 8800 yang dibuat oleh Micro Instrumentation Telemetry Systems (MITS). Sayangnya, MITS merupakan perusahaan yang kecil, tidak seperti DEC atau IBM (International Business Machine), sehingga mereka harus menjual Altair 8800 sesuai dengan pemesanan yang dilakukan.

Kiprah Microsoft dalam dunia pemrograman dimulai ketika dua sahabat sejoli itu melihat sebuah iklan tentang microcomputer Altair 8800 yang terpampang di sebuah majalah Popular Electronics dengan tajuk "World's First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models". Karena pada saat itu komputer Altair 8800 hanya dibuat terbatas, Altair 8800 pun ditujukan hanya untuk para hobbyist, maka mereka berdua patungan untuk membelinya.

Karena telah berpengalaman dalam mendesain program pada minicomputer, para pekerja awal di Microsoft lebih berkonsentrasi dalam pembuatan program untuk microcomputer. Mereka akhirnya membuat interpreter bahasa BASIC yang sebelumnya mereka buat pada PDP-8 agar berjalan pada komputer Altair 8800, yang mereka sebut dengan Microsoft BASIC (MBASIC). Karena belum ada media penyimpanan seperti disket floppy atau compact disk seperti saat ini, mereka pun akhirnya menggunakan semacam punched-card (kartu berlubang) untuk mendistribusikannya. Karena dapat membuat Altair 8800 berkelap-kelip dan mengeluarkan suara, Microsoft BASIC pun cukup laku.

Karena melihat pasar microcomputer lebih menjanjikan, beberapa firma dan perusahaan lainnya yang juga terjun untuk membuat microcomputer. Sebut saja seperti Tandy, Atari, dan Commodore. Semua perusahaan tersebut membuat sebuah arsitektur komputer yang serupa tapi tidak sama dengan Altair 8800. Sebagai contoh, Tandy Radio Shack TRS-80 menggunakan prosesor yang berbeda dari Altair 8800 yakni Zilog Z80. TRS-80 yang menggunakan Z80 mendulang cukup kesuksesan, karena telah melakukan produksi massal. Selain itu, Commodore juga cukup sukses.

Kesuksesan microcomputer pertama diraih oleh Steven Jobs, dan Stephen G. Wozniak yang mendirikan Apple Computer. Mereka membuat arsitektur komputer yang lebih baik dibandingkan dengan komputer mikro pada zamannya. ׳

Munculnya IBM PC dan MS-DOS[sunting]

Munculnya antarmuka grafis[sunting]

Windows 1.0 selesai![sunting]

Windows 1.0 merupakan versi pertama Microsoft dalam dunia GUI. Sebenarnya, diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983, tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung.

Windows 1.x bukanlah merupakan sebuah paket sistem operasi GUI,seperti halnya Apple dengan Macintosh-nya, tetapi hanya merupakan paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS, karena itulah, nama kode yang digunakannya adalah Interface Manager. Windows 1.x menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan mouse sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.

Windows 1.x juga mendukung multitasking antar banyak program. Hal ini tentu saja merupakan peningkatan yang sangat penting daripada DOS, yang hanya dapat menjalankan satu program saja (single-tasking) pada satu waktu. Karena Windows 1.0 merupakan masih berbasiskan DOS, hanya satu aplikasi saja yang boleh berjalan di muka (foreground application), sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background application) diberhentikan secara sementara (pause) hingga pengguna mengaktifkannya kembali. Metode ini disebut juga dengan cooperative multitasking.

Pada versi pertama ini, Microsoft mengintegrasikan banyak program tambahan, seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, Cardberkas, dan juga clipboard. Game yang disediakan pun hanya satu: Reversi. Sebagai shell untuk mengatur berkas, digunakanlah MS-DOS Executive. Fungsinya sama saja dengan kebanyakan shell yang beredar di pasaran seperti Norton Commander atau DOS Shell, tapi MS-DOS Executive berjalan di atas Windows, sementara kedua shell tersebut berjalan di atas DOS. Windows versi 1.x juga mendukung command prompt langsung dari Windows, sehingga pengguna tidak perlu keluar ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.

Windows 2.0[sunting]

Windows versi 1.x tidak begitu sukses, karena kurangnya aplikasi yang mendukung Windows 1.x. Tetapi, Microsoft tidaklah menyerah begitu saja dan mereka mengembangkan versi Windows baru, yaitu Windows 2.0, yang akhirnya dirilis pada bulan April 1987.

Windows 2.x mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array), sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 @ 4-bit (16-warna). Selain itu, Windows 2.x juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286, prosesor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memori atau dikenal dengan protected mode meski tidak dapat men-switch kembali ke real mode. Pengguna dapat menjalankan loader Windows yaitu berkas %WINDIR%\WIN.COM dengan tambahan switch /S untuk mode standar, dan /2 untuk mode 286.

Ketika Intel telah meluncurkan prosesor Intel 80386 yang memiliki kemampuan protected mode dan juga dapat kembali ke dalam real mode, Microsoft pun meluncurkan Windows 2.03 for Intel 386 untuk mendukungnya. Versi Windows 2.03/386 dapat menjalankan banyak program DOS dalam MS-DOS Prompt yang dimilikinya. Karena fitur-fitur ini, banyak pengembang di luar Microsoft mengembangkan software yang mendukung Windows 2.x, seperti CorelDraw dan PageMaker. Microsoft pun mengeluarkan Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows .

Windows 3.0: Fenomenal[sunting]

Windows NT: Langkah Microsoft mendobrak dominasi UNIX dan NetWare[sunting]

Windows 2000 dan Windows XP[sunting]