Windows XP untuk Power User/Bab 2

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search

Sekilas, antarmuka yang dimiliki oleh Windows XP sangat berbeda dengan antarmuka yang dimiliki oleh versi Windows-Windows pendahulunya. Padahal, sebenarnya Windows XP adalah sama dengan Windows-Windows sebelumnya, hanya saja memang Microsoft membuatnya sedikit berbeda. Ketika Anda masuk log untuk pertama kali setelah instalasi ulang, maka yang Anda dapatkan hanyalah sebuah desktop kosong, kecuali ikon Recycle Bin. Untungnya, Windows XP lebih mudah untuk digunakan dibandingkan dengan Windows versi terdahulu, apalagi dengan visual style miliknya yang cukup menggoda mata (meski tidak sebagus Macintosh OS X atau Windows Vista, penerusnya). Bab ini akan membahas mengenai antarmuka pengguna Windows XP.

Start Menu[sunting]

Tampilan Start Menu Windows XP

Start Menu Windows XP yang telah didesain ulang oleh Microsoft ini menyederhanakan apa yang sering dilakukan oleh pengguna pada Windows sebelumnya. Jika sebelumnya Anda membuka My Computer mengklik dua kali pada desktop, kini pada Windows XP Anda masih diharuskan menekan tombol klik dua kali, yang pertama ditujukan untuk membuka Start Menu, sementara klik yang kedua ditujukan untuk membuka My Computer. Selain My Computer dan daftar program yang terinstal di dalam sistem, dalam Start Menu Windows XP ini juga terdapat beberapa link tambahan yang juga sering diakses oleh pengguna, yakni My Music, My Documents, My Pictures, My Network Places, Control Panel, Printers and Faxes, serta beberapa aplikasi yang sebelumnya Anda pernah gunakan (most recently used applications). Windows XP Service Pack 1 menambahkan sebuah entri lagi, yakni Set Programs Access and Defaults (nanti kita akan bahas kemudian hari).

Baiklah, kita akan membahas satu-per-satu komponen yang terdapat di dalam Start Menu Windows XP. Start Menu Windows XP terdiri atas dua kolom, yang terbagi ke dalam beberapa region berikut:

  • Favorite Application, yang berisi aplikasi favorit pengguna. Anda dapat menambahkan aplikasi atau shortcut aplikasi ke dalam region ini dengan memilih Pin to Start Menu pada menu konteks (klik kanan) shortcut atau program tersebut. Dalam contoh, saya memiliki tiga buah aplikasi favorit, yakni:
  • Recently Used Application atau banyak orang menyebutnya sebagai MRU (Most Recently Used Application), yang berisi aplikasi yang barusan digunakan oleh Anda, selain aplikasi favorit. Dalam contoh pada Gambar 1, saya memiliki tiga buah program yang baru saja saya gunakan, yakni:
  • All Programs, yang berisi semua program yang telah diinstalasikan di dalam komputer.
  • Shortcut milik pengguna, yang berisi My Documents, My Pictures, My Music, My Computer, dan My Network Places.
  • Shortcut untuk manajemen sistem operasi, yang berisi:
    • Control Panel, yang berisi semua konfigurasi yang dapat dilakukan terhadap sistem operasi Windows, mulai dari konfigurasi preferensi pengguna hingga konfigurasi sistem operasi.
    • Set Program Access and Defaults (mulai Service Pack 1 atau lebih), yang berisi konfigurasi apakah kita hendak menggunakan aplikasi bawaan Windows atau memang aplikasi sejenis yang kita instalasikan, dan juga untuk memblokir akses terhadap aplikasi bawaan Windows tersebut. Sebagai contoh, kita bisa saja memblokir akses terhadap Windows Media Player, kalau kita menggunakan Winamp, dan lain sebagainya.
    • Printer and Faxes, yang berisi konfigurasi printer dan alat faksimili yang terinstalasi di dalam sistem operasi.
  • Toolbox, yang berisi:
    • Help and Support, yang digunakan untuk mencari bantuan dari berkas bantuan Microsoft (Microsoft Help) secara offline, secara online di Microsoft Help and Support, atau bisa juga menggunakan Remote Assistance.
    • Search, digunakan untuk mencari berkas yang telah kita buat.
    • Run, digunakan untuk menjalankan sebuah program secara langsung, dengan mengetahui berkas program yang hendak dieksekusi berserta sintaksisnya.
  • Log off untuk melakukan log off (ganti pengguna)
  • Shutdown, untuk mematikan komputer.

Properti Start Menu Windows XP[sunting]