Doa Bangun Tidur Lengkap Dengan Artinya

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Dalam kehidupan manusia sehari-hari, ada banyak hal yang rutin dilakukan. Dalam waktu dua puluh empat jam pasti melakukannya. Selama sehari semalam tiap orang tidak pernah meninggalkannya. Salah satu hal yang menjadi aktivitas rutin itu ialah tidur. Dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia tidak pernah melewatkan yang namanya tidur itu. Memang pada umumnya tidur itu dilakukan di waktu malam hari. Pada waktu siang hari sedikit yang menggunakannya untuk tidur. Paling hanya beberapa menit saja untuk dipakai tidur. Sebagian besar waktu siang hari dihabiskan untuk bekerja atau kegiatan yang lainnya.
Seorang yang telah tidur maka badannya akan menjadi segar kembali. Rasa lelah yang sangat menjadi hilang seketika. Tidurnya pun yang berkualitas tentunya. Pikiran pun semakin cemerlang bila telah tidur. Boleh dibilang tidur merupakan bentuk istirahat yang paling memuaskan. Tidur itu murah dan gratis. Kita tidak pernah disuruh membayar sepeserpun untuk tidur. Bisa tidur pulas menjadi sesuatu yang nikmat dan menyenangkan.
Kita bisa rasakan bagaimana saat bangun tidur itu. Segar sekali ini badan. Di waktu pagi bila tidur kita puas maka menghadapi hari yang baru pun akan jauh lebih bersemangat. Diri menjadi bersemangat kembali untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan ini. Kita akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Di kala bangun dari tidur maka ada adab yang tak boleh dilupakan. Adab tersebut yakni membaca doa bangun tidur. Mengenai lafazhnya yakni sebagai berikut.
اَ لْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْر
Latinnya :
ALHAMDU LILLAAHILLADZII AHYAANAA BA'DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR.
Artinya :
"Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan."
Doa di atas tidaklah panjang. Lafazhnya pendek sehingga mudah untuk dihafal. Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari. Berdoa tatkala bangun dari tidur ini menjadi contoh kebiasaan yang sangat positif. Satu kebiasaan yang perlu ditanamkan sejak usia dini. Membaca doa tersebut juga menjadi sebuah tanda bahwa orang tersebut mensyukuri nikmat tidur. Mengapa tidur itu disebut nikmat ? Sebab ternyata di dalam kehidupan ini ada yang sulit untuk sekedar tidur. Padahal, mereka yang sulit untuk tidur itu pun sangat ingin merasakan tidur yang pulas. Kita mesti merasa beruntung dengan bisa tidur dengan nyenyak. Maka salah satu cara mensyukurinya adalah dengan membaca doa tatkala bangun dari tidur. Semoga ulasan mengenai doa ini menjadikan pengetahuan yang bermanfaat untuk kita semua.

Pranala Luar[sunting]