Mitologi Kelt/Dewa Galia/Belenus

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Patung dewa Belenus.

Belenus, Belenos, atau Bel adalah salah satu dewa Kelt yang paling kuno dan disembah di banyak tempat. Namanya bermakna "Yang Bersinar." Belenus diasosiasikan dengan panas dan penyembuhan, dan merupakan dewa matahari dan cahaya. Dia juga adalah seorang penyembuh dan diasosiasikan dengan mata air penyembuh serta kekuatan penyembuhan matahari. Istrinya adalah dewi Belisama.

Belenus adalah dewa yang cukup terkenal. Dia disembah di Italia, Swiss, Austria, Prancis. dan Spanyol Utara. Ada kuil untuknya di dekat Bordeaux modern, Prancis. Tiap tanggal 1 Mei, diselenggarakan festival api untuk memujanya dan disebut Beltane. Pada festival ini api suci dinyalakan dan hewan ternak digiring di antara api suci sebelum dibawa ke padang rumput.

Orang Romawi menyamakan Belenus dengan Apollo, dewa matahari dari mitologi Romawi. Ada inskripsi Romawi yang menyebutkan tentang Apollo-Belenus. Belenus juga dikaitkan dengan dewa Irlandia bernama Bilé (Bile), suami dewa Danu. Literatur Wales menyebutnya Beli, suami Don (Danu). Baik Bilé maupun Beli pada dasarnya adalah dewa kematian dan kegelapan. Dengan demikian mereka sebensrnya lebih dekat kepada dewa Dis Pater atau Pluto dari mitologi Romawi.