Mitologi Nordik/Raksasa/Hrungnir

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Hrungnir.

Hrungnir ("penengkar") adalah raksasa dari Griotunagardar, garis depan negeri raksasa. Dia dianggap sebagai raksasa terkuat di dunia. Kepala dan jantungnya terbuat dari batu.

Hrungnir memiliki seekor kuda bernama Gullfaxi ("Surai Emas"), yang merupakan kuda tercepat di negeri raksasa, namun Odin menyombong bahwa kudanya, Sleipnir, lebih baik.

Ini membuat Hrungnir marah dan menyatakan bahwa dia akan memindahkan Valhalla ke Jotunheim, menghancurkan Asgard dan membunuh semua dewa Aesir, kecuali Freyja dan Sif, yang akan dia jadikan budak seks.

Thor menantangnya berduel, namun Hrungnir harus datang ke Asgard tanpa bersenjata. Hrungnir menyuruh Thor untuk menemuinya di Griotunagardar. Raksasa-raksasa lainnya menciptakan raksasa dari tanah liat, yang mereka sebut Mokkurkalfi. Mereka harap dapat menggunakan Mokkurkalfi untuk menakuti Thor. Dengan ukuran yang luar biasa, Mokkurkalfi memiliki tinggi sembilan liga dan lebar tiga liga.

Bersenjatakan satu batu gerinda besar, dia melemparkannya kepada Thor. Meskipun palu Mjollnir milik Thor berhasil memotong batu itu menjadi dua, namun satu potongannya tersangkut di kepala Thor. Pada akhirnya, dengan Mjollnir, Thor berhasil menghancurkan kepala batu Hrungnir, yang terjatuh di leher Thor.

Thor tidak dapat membuang kepala itu dari badannya, jadi Magni melepaskan kepala Hrungnir dari badan Thor. Sebagai balasannya, Thor memberikan Gullfaxi kepada Magni.