Peradaban Yunani Kuno/Seni bangunan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sistem kepercayaan yang di anut oleh bangsa Yunani telah mendorong bangsa itu membuat bangunan indah untuk memuja dewa-dewa. Dalam masa permulaan (776-476 SM) bangunan Yunani banyak di buat di daerah daerah koloni. Misalnya di Italia selatan ditemukan kuil Hera dan Zeus. Sedangkan didaerah koloni di Asia ditemukan bangunan di Ephesos yang berupa kuil Arthemis, semuanya dengan gaya Ionia. Di Yunani, bangunan-bangunan yang terdapat di Korinthos dan Aigina bergaya Doria.

Pada massa kejayaan Yunani (476-338 SM) banyak bangunan kuil dengan gaya Doria. Salah satu peninggalannya yang tersisa adalah Akropolis yang merupakan bagian kota Athena. Akropolis telah dihancurkan pasukan Persia dalam Perang Persia (480 479 SM).

Bngunan lain yang terkenal pada masa kejayaan Yunani adalah kuil Zeus di bukit Olympus. Bangunan disebut Altis yang dipergunakan sebagai tempat pemujaan zeus sebagai dewa utama bangsa Yunani. Penghormatan kepada dewa Zeus dilakukan dengan mengadakan pertandingan olah raga yang disebut Olimpiade. pertandingan itu dilaksaakan empat tahun sekali. Cabang olah raga yang dilombakan antara lain lari cepat, gulat, lempar cakram, dan lompat galah. Bagi para pemenang akan memperoleh lambang kemenangan berupa daun zaitun yang menyerahkan dilakukan di Preytaneion.