Rahasia Otak Super/Uji Ingatan Anda

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bagian II: Uji Ingatan Anda[sunting]

Ujian ke-1: Menghafalkan 20 Benda Secara Berurutan[sunting]

Di atas Anda telah mampu menghafalkan warna-warna pelangi secara berurutan. Untuk menguji ingatan Anda, ambil selembar kertas dan sebatang pensil, cobalah untuk menghafalkan daftar 20 benda berikut secara berurutan dalam waktu 2 menit saja. Di Bagian IV nanti, Anda akan diajarkan cara mudah menghafal urutan benda-benda di bawah ini.

01. kucing   02. selang   03. hantu     04. kaleng     05. borgol   
06. layar    07. baju     08. sofa      09. cangkir    10. topi   
11. luka     12. penyanyi 13. bendungan 14. piring     15. selendang   
16. sisir    17. sogok    18.kain      19. matahari   20. mobil

Oke, tanpa mengintip daftar di atas, tuliskan semua benda-benda yang telah disebutkan di atas. Jangan mencontek, ya...

Berapa benda yang berhasil Anda hafal?

Berapa benda yang urutannya benar?

Jika Anda mampu menghafal semua benda di atas berikut dengan urutannya dalam waktu 2 menit, selamat! Anda termasuk sedikit dari orang-orang yang memiliki Otak Super. Anda bisa mendaftarkan diri ke dalam group Mensa International. Jika Anda belum mampu menghafal semua benda di atas, jangan sedih, buku ini akan melatih Anda untuk memiliki otak super cerdas, dan mampu menghafalkan daftar benda seperti di atas dengan mudah, seperti permainan anak kecil. Teknik menghafal yang akan diajarkan di buku ini akan menjadi dasar untuk menghafalkan fakta-fakta lain.

Sudah tidak sabar? Silakan langsung baca bagaimana Anda bisa menghafal urutan benda di atas di bagian Test Ulang 1: Bagaimana Menghafalkan 20 Benda Secara Berurutan

Caranya yaitu dengan menjadikan kata-kata tersebut sebagai cerita yang unik, lucu, dan mudah diingat. Contoh: ada kucing yang membawa selang, ketemu hantu bawa kaleng yang tangannya diborgol. Dan di layar terlihat baju yang tergelak di atas sofa yang di depan lnya ada cangkir dan di sampingnya ada topi. dst.

Ujian ke-2: Menghafalkan Nama dan Wajah[sunting]

TODO: Mengenali Orang dan Namanya

Cara termudah menghafalkan nama seseorang adalah dengan sering-sering menyebut namanya ketika baru berkenalan. Usahakan cari tanda yang spesifik untuk mengenali dan membedakan antara nama yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, Dudung yang tinggi kurus, Yadi yang pendek gemuk. Imajinasikan bahwa Dudung mirip tiang listrik dan Yadi mirim drum minyak. Buatlah assosiasi yang lucu, unik, menarik antara nama dan imajinasi. Misal dalam imajinasi Dudung menggantikan fungsi tiang listrik dan Yadi dimasukkan ke drum, kemudian didorong menggelinding.

Mengenali nama orang cukup mudah dengan ciri-ciri sebagai berikut: 1. Bentuk wajah 2. Tahi lalat 3. Rambut 4. Tinggi badan 5. Gemuk/kurus

Usahakan jangan hanya mengenali dari warna baju, karena bisa jadi di pertemuan berikutnya dia mengenakan baju yang berbeda. Jika sudah hafal nama dan wajah, maka mengenali baju juga penting. Misalnya, untuk memanggil seseorang dari jarak jauh dikenali dari tinggi badan dan baju yang dikenakan. Terkadang dengan cara seperti di atas kita terkadang tidak yakin bahwa kita tidak akan berhasil, tetapi yakin saja supaya berhasil ya.

Ujian ke-3: Menghafalkan Nomor Telpon[sunting]

TODO: sisipkan nama tempat penting dan nomor telponnya untuk dihafalkan triatmojo 081976856732 afitya 081277869354 akew 089996564387 ettogawa 081572524650 Hastoni 085398038236 albi 083806255563

Ujian ke-4: Menghafalkan Nomor 52 digit[sunting]

TODO: sisipkan 52 digit nomor untuk dihafalk