Lompat ke isi

Tanda-Tanda Umum Gangguan Kecemasan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas

Merupakan bagian dari proyek Memahami Kesehatan Jiwa: untuk Masyarakat Awam.

Gangguan kecemasan adalah kondisi kejiwaan yang ditandai dengan ciri hadirnya rasa khawatir atau rasa takut yang cukup kuat. Kecemasan adalah kekhawatiran akan kejadian-kejadian di masa depan, sementara rasa takut adalah reaksi terhadap peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi. Perasaan-perasaan semacam ini dapat menimbulkan gejala-gejala fisik, seperti jantung yang berdebar dan gemetar. Gangguan kecemasan merupakan kelompok kondisi kejiwaan yang mencakup kondisi-kondisi kejiwaan yang spesifik, misalnya gangguan kecemasan sosial (yang mencemaskan situasi sosial), rasa takut dalam ruang tertutup, rasa takut ketika berada di ketinggian, serangan panik, dan sebagainya. Seorang individu mungkin mengalami lebih dari satu gangguan kecemasan.

Penyebab dari gangguan kecemasan adalah kombinasi dari faktor pewarisan keturunan (genetis) dan faktor lingkungan (yaitu faktor yang dipengaruhi oleh relasi interpersonal, perjalanan hidup, dan sebagainya). Hal-hal yang bisa memunculkan resiko untuk mengalami gangguan kecemasan meliputi riwayat perundungan/pelecehan ketika masih anak-anak, riwayat keluarga dalam hal gangguan kejiwaan, serta kemiskinan. Gangguan kecemasan seringkali hadir bersama kondisi kejiwaan lainnya, khususnya depresi berat, gangguan kepribadian, dan gangguan penyalahgunaan zat. Masalah-masalah lain yang dapat menimbulkan gangguan kecemasan antara lain gangguan jantung, ketagihan kafein, ketagihan alkohol, atau penggunaan ganja (mariyuana/cannabis); dapat pula ditimbulkan oleh dihentikannya konsumsi sejumlah obat medis. Perbedaan antara gangguan kecemasan dengan rasa takut dan rasa khawatir yang wajar adalah dalam hal kadar/kuatnya ketika hal itu dirasakan serta gangguan kecemasan berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama.

Penyembuhan dapat mencakup pengubahan gaya hidup, konseling dengan profesional Kesehatan Jiwa, serta dengan menggunakan obat medis. Terapi pengubahan pikiran dan perilaku (Cognitive Behavioral Therapy; disingkat CBT) adalah salah satu tipe konseling yang umum yang digunakan untuk menyembuhkan gangguan kecemasan.

Sekitar 12 % orang mengalami gangguan kecemasan tiap tahunnya. Gangguan kecemasan berpengaruh di sepanjang hidup pada 5 hingga 30 % orang. Gangguan ini dua kali lipat lebih umum terjadi pada perempuan dibandingkan pada lelaki. Tanpa menjalani terapi yang memadai, gangguan kecemasan biasanya akan tetap dialami.

Kepustakaan[sunting]

Diterjemahkan (dengan pengubahan redaksional) dari pembukaan lema "Anxiety disorder". Wikibuku Bahasa Inggris. https://en.wikipedia.org/wiki/Anxiety_disorder Diakses pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 19.26 WIB.