Memahami Kesehatan Jiwa: untuk Masyarakat Awam

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Modifikasi terhadap halaman ini telah dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2020 pukul 03.41 WIB.

Proyek ini mulai mengalami pengubahan dengan cara peretasan. Jika ingin turut berperan-serta dalam penyusunan proyek ini, mohon gunakan akun masing-masing tanpa mengambil alih akun yang sedang mengadakan penulisan terhadap proyek ini. Pengetahuan dan sumbangsih masing-masing akan menimbulkan inspirasi sekaligus tanggung jawab.

Pengantar[sunting]

Proyek Memahami Kesehatan Jiwa: untuk Masyarakat Awam di bawah ini dirintis oleh Anta Samsara, pegiat komunitas kesehatan jiwa di Indonesia (antasamsara.online@gmail.com, +62 819 19 0000 92). Untuk daftar karya di Wikibuku yang tidak hanya mencakup karya dalam kesehatan jiwa, silakan lihat di sini.

Proyek yang dihadirkan dalam halaman ini dibuka dengan semacam penjelasan mengapa dan untuk apa proyek penulisan Wikibuku ini dilakukan. Bagi Anda yang ingin mengakses secara cepat, maka daftar tulisan yang sedianya berisikan tautan telah kami hapus, dan sebagai gantinya semua tautan itu telah diintegrasikan ke dalam Tabel (pada bagian paling bawah di halaman ini) yang dapat dijadikan sebagai peta daring (online maps) untuk mengakses berbagai tulisan yang telah tersedia, baik dalam bentuk halaman web maupun berkas.

Info kesehatan jiwa haruslah tersedia bagi masyarakat awam[sunting]

Wikibuku Sejarah Kesehatan Jiwa menggambarkan perjalanan kesehatan jiwa selama 8.500 tahun mulai dari zaman pra-sejarah hingga pasca modern. Dilengkapi dengan gambar yang informatif dan tentunya gratis dan bebas-bagi.

Masalah dan gangguan kejiwaan, tidak seperti purbasangkanya, merupakan kondisi yang sangat umum terjadi, oleh karena itu diperlukan adanya informasi dan/atau panduan kejiwaan yang gratis dan bebas bagi, yang dapat diakses oleh siapa saja. Serta jika memungkinkan memberikan kesempatan bagi para pembacanya untuk kembali menuliskan pengalaman dan pengetahuannya, sehingga jejaring-berbagi dalam pengetahuan kejiwaan ke depannya akan dilakukan oleh semakin banyak orang.

Dengan demikian, orang yang terdampak, baik langsung maupun tidak langsung, menjadi memiliki pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mengelola, memulihkan, dan juga menyelenggarakan upaya Kesehatan Jiwa. Mengutip seorang pakar Kesehatan Jiwa dari India, Vikram Patel, mental health is too important to be left to the professionals alone, and mental health is everyone's business (Kesehatan Jiwa adalah masalah yang terlalu penting untuk ditangani hanya oleh para profesional, dan [oleh karena itu] Kesehatan Jiwa adalah urusan setiap orang).

Info dan panduan Kesehatan Jiwa haruslah tersedia bagi masyarakat awam, sebagai tataran dasariah bagi jejaring saling-edukasi semacam ini. Penyampaian, karenanya, harus menggunakan kosakata dan kalimat yang mudah dipahami oleh siapa saja; dengan menjauhkan peristilahan ilmiah yang menyulitkan, dan lebih menggunakan bahasa yang meringankan upaya-upaya dalam memberikan pengertian.

Bagaimana menerapkannya dalam tulisan[sunting]

Mengenai kosakata dan cara penyampaian[sunting]

Sampul depan asli brosur NIMH tentang Gangguan Bipolar dalam Bahasa Inggris.
Sampul depan asli brosur NIMH tentang Gangguan Bipolar dalam Bahasa Inggris.

Akan dilakukan penyederhanaan dalam tataran bentuk kata — termasuk bentuk terikat misalnya dwi- dalam frase gangguan perasaan dwikutub dan swa- dalam kelompok swabantu — juga penyederhanaan dalam tataran kosakata, kalimat, dan wacana akan selalu dilakukan demi tujuan pemahaman untuk masyarakat awam tersebut.

Contoh akibat dari hal ini adalah kata psikoterapi akan selalu diterjemahkan menjadi terapi wicara tanpa menyebutkan secara lengkap riwayat konseptual dari upaya penyembuhan/pemulihan kejiwaan itu. Psikosis akan selalu diterjemahkan secara ringkas sebagai gangguan penilaian realitas tanpa menyebutkan banyak aspek yang terkandung dalam makna kata tersebut secara lengkap. Meskipun ada juga konsekuensi dari penyederhanaan semacam itu, yaitu menjadi menghilangnya cakupan makna psikosis yang lebih luas, misalnya cakupan terhadap gejala miskin wicara dan ketidakmampuan menikmati kesenangan dalam ranah gangguan jiwa skizofrenia.

Namun dengan demikian, pemahaman diharapkan langsung ditimbulkan dari terjemahan sederhananya; sehingga memberi kesan bahwa apa yang tengah dibahas sebenarnya dapat dengan mudah ditangkap oleh pikiran masyarakat awam. Penjelasan mengenai hal itu lebih lanjut, diharapkan akan lebih gamblang menerangkan apa yang dimaksudkan dengannya.

Demi segi kepraktisan dalam pembacaan, maka paragraf yang dalam naskah sumbernya terlalu panjang (sehingga mengesankan kalimat menjadi bertumpuk-tumpuk) akan dipisahkan menjadi dua atau lebih alinea, sehingga terasa lebih ringan ketika dibaca.

Bergerak dari yang lebih komplet ke yang lebih simpel[sunting]

Karena kaidah penyediaan info dan panduan yang seperti demikian, maka menjadi jelas bahwa tujuan dari pembuatan serial Wikibuku ini adalah untuk menyediakan info dan panduan Kesehatan Jiwa yang sedasariah dan sesederhana mungkin. Maka dalam hal ini tujuan penulisan akan bergerak dari info dan panduan yang lebih komplet ke panduan yang lebih ringkas dan sederhana.

Kebutuhan dianggap sudah terpenuhi jika jenis panduan mulai dari tingkat kelengkapan yang agak paripurna (full) ke jenis selebaran (flyer) sudah selesai dituliskan (lihat bagian di bawah mengenai Bentuk Tulisan & Format Berkas yang Dicakup). Tata letak (layout) dengan warna-penuh (full-color) dalam hal ini akan disediakan dalam bentuk PDF dan akan dapat diunduh dari kandar daring (online drives) yang akan di-setting secara publik, sehingga akan bisa dibagikan dengan bebas oleh siapa pun kepada siapa saja.

Bentuk dan format tulisan yang dicakup[sunting]

Berdasarkan panjangnya tulisan dalam setiap materi, maka akan diupayakan tiga jenis tulisan:

  1. Lengkap, yaitu info atau bentuk panduan terkomplet yang bisa didapati dalam serial tulisan ini. Dalam hal ini harus diakui bahwa kata lengkap tidaklah menggambarkan bahwa kekompletannya telah sempurna memenuhi semua kebutuhan, karena kebutuhan akan informasi selalu bervariasi dari orang ke orang. Namun dalam hal ini akan tetap digunakan kosakata lengkap tersebut karena istilah ini sangat umum digunakan dalam ranah masyarakat awam untuk menggambarkan info yang diharapkan punya sisi pemenuhan yang tertinggi dibandingkan dengan bentuk tulisan di bawahnya.
  2. Ringkas, yaitu bentuk tulisan yang panjangnya dianggap cukup ringkas sehingga dapat dibaca dengan sekali duduk.
  3. Sangat ringkas, yang akan disebut juga sebagai Versi Selebaran karena memang tujuannya adalah sebagai tulisan yang dapat dicetak di flyer (selebaran) sepanjang 1 - 3 halaman A4, sehingga dapat dibagi-bagikan kepada siapa saja secara mudah.

Sementara itu berdasarkan format berkasnya, maka akan ada dua bentuk tulisan, yaitu:

  1. Berbentuk halaman web (webpage), yang akan bertempat di Wikibuku Bahasa Indonesia ini.
  2. Berbentuk berkas (file), yaitu dengan ekstensi .pdf, .docx, .xlsx, serta .pptx, yang dalam hal ini akan disimpan di Google Drive atau Microsoft OneDrive dan terbagikan secara publik, dengan tautan yang akan dicantumkan dalam format halaman web di atas.

Sangkalan[sunting]

Sangkalan mengenai keakuratan ilmiah[sunting]

Meskipun kepustakaan dari materi-materi yang dihadirkan dalam proyek penulisan ini dapat dipertanggungjawabkan, namun tidak berarti bahwa apa yang dihadirkan dalam serial tulisan ini adalah akurat dalam segi peristilahan dan penerjemahannya jika merujuk pada glosarium atau peristilahan teknis yang resmi. Karena menyasar masyarakat awam, maka segala sesuatu yang dihadirkan dalam seri tulisan ini mungkin tidak akan memuaskan para pembaca yang mencari materi dengan muatan keilmuan yang biasa terdapat dalam jurnal ilmiah atau panduan-panduan medis yang resmi.

Penyederhanaan dalam tataran kata, kalimat, dan wacana termasuk modifikasi dalam bentuk unsur-unsur kata yang sifatnya lebih elementer daripada sebuah kata yang tunggal; misalnya bentuk terikat swa- alih-alih self- dan lir- alih-alih -like seperti dalam kata (kelompok) swabantu alih-alih self-help (group) dan lir-skizofrenia alih-alih schizophrenia-like, akan selalu dilakukan karena tujuan dan sasarannya adalah penyediaan materi edukasi yang mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Sangkalan mengenai nasehat medis[sunting]

Informasi yang terkandung dalam proyek ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti dari pengobatan medis. Keputusan berkenaan dengan pengobatan merupakan keputusan medis yang kompleks yang membutuhkan bantuan dari profesional kesehatan yang bebas-nilai (yaitu independen dari berbagai nilai kecuali dari sudut pandang medis itu sendiri) yang terinformasikan dengan baik tentang kondisi dan riwayat pasien.

Rujukan kepada obat atau zat yang manapun tidak dimaksudkan sebagai rekomendasi oleh penulis proyek ini. Perintis, penulis lanjutan, penyunting, dan semua yang terlibat dalam proyek ini tidak bertanggung jawab jika ada kejadian medis yang merugikan yang mungkin timbul karena mengikuti hal-hal yang dicantumkan dalam proyek ini.

Permasalahan hak cipta[sunting]

Proyek penulisan ini akan memanfaatkan sebaik-baiknya naskah sumber yang menyatakan bahwa karyanya merupakan karya bebas-bagi. Atau jika tidak memungkinkan, maka akan digunakan karya berhak cipta yang penulis dan/atau penerbitnya telah menyatakan kesediaannya kepada Anta Samsara, sebagai perintis dalam penulisan proyek Kesehatan Jiwa ini, agar karyanya disebarluaskan kepada publik yang berbahasa Indonesia.

Dalam hal tulisan dan terbitan dari NIMH, yang banyak dijadikan sebagai naskah sumber dari seri tulisan ini, berada pada ranah publik (public domain) dalam pengelolaan hak cipta. Sehingga karya-karya turunannya adalah karya yang secara tegas, dalam pernyataan mereka mengenai hak cipta, merupakan karya yang bisa diubah bentuknya ke dalam bahasa lain serta dapat dijadikan sebagai landasan untuk membuat tulisan yang sejenis, dengan atau tanpa menyebutkan rujukan kepada karya yang menjadi naskah-sumbernya tersebut. Pernyataan-pernyataan bahwa berkas-berkas panduan kesehatan jiwa yang dibuat NIMH itu berada dalam ranah publik biasanya ada di bawah karyanya/info mengenai kumpulan karyanya, misalnya pada halaman ini.

Proyek ini juga memanfaatkan rujukan-rujukan yang terdapat dalam jejaring Wikimedia, yang di dalamnya mencakup jejaring Wikibuku Bahasa Indonesia ini. Wikimedia menganut hak cipta kreatif umum (creative common) di mana sebuah karya dapat dibuat, dimodifikasi, dan dibagikan secara bebas, namun harus ada pernyataan darimana karya tersebut merujuk atau diturunkan (sebuah perbedaan utama dengan yang berhak cipta ranah umum seperti produk-produk NIMH di atas). Menciptakan produk turunan yang sifatnya lebih membatasi akses pengguna dibandingkan dengan karya-sumbernya adalah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pengguna hak cipta kreatif umum tidaklah sebebas yang berada dalam ranah publik.

Secara ringkas dapat dikatakan bahwa hak cipta kreatif umum ditujukan jika pemilik hak ciptanya bermaksud ada hal-hal yang dipersilakan digunakan secara bebas juga ada hal-hal yang harus dilindungi dalam karyanya. Hak cipta kreatif umum dalam sejarahnya hadir karena adanya ketegangan penggunaan Internet sebagai layanan yang sangat luas yang dapat digunakan siapa saja dengan penghargaan terhadap suatu produk sebagai hak kekayaan intelektual. Bagi Anda yang tertarik lebih lanjut untuk membaca pernyataan Wikimedia mengenai ranah hak cipta mereka dipersilakan untuk mengaksesnya di sini. Jika Anda tertarik untuk membaca definisi macam-macam hak cipta dalam Bahasa Indonesia sederhana maka info mengenainya dapat dibaca pada Wikibuku Pengantar Hak Cipta.

Peta daring[sunting]

Tautan yang berupa daftar telah dihapus dari halaman ini dan digantikan dengan sebuah Peta Daring (online maps) berupa Tabel, dengan dilengkapi berbagai tautan, yang lebih bisa menggambarkan dengan gamblang Wikibuku dan berkas apa yang telah tersedia dan yang masih dibutuhkan.

Karena ditujukan untuk orang awam, maka topik-topik kesehatan jiwa pada Tabel Peta Daring berikut ini akan ditautkan dengan definisi ke Kamus Kesehatan Jiwa yang juga merupakan bagian dari proyek ini.

Singkatan dan ketentuan yang dipergunakan dalam peta daring[sunting]

  • MKJh : David Castle, Nga Tran, NIMH, et al. (Penerjemah: Anta Samsara, Joko Adi Pamungkas, & Dinarti) Mengenal Kesehatan Jiwa: Versi PDF Tunggal. Lautan Jiwa. Jakarta: 2020 halaman (dengan diikuti penyebutan nomor halaman). Dengan demikian MKJh 45 berarti halaman 45 dari PDF ini, MKJh 194 berarti halaman 194 dari PDF dimaksud, dan seterusnya.
  • Google Drive : Google Drive, kandar daring yang dikelola oleh Google.
  • OneDrive : Microsoft OneDrive, kandar daring yang dikelola oleh Microsoft.
  • N/A : Not Available (Tidak Tersedia).
  • Topik yang ditulis "tebal tegak" (dengan tanda kutip) adalah topik murni; yang ditulis tebal kursif (tanpa tanda kutip) adalah judul karya.
  • Penulis, penerbit, pemilik hak cipta, pemilik lisensi, atau penerjemah karya akan ditulis dengan huruf tebal tegak namun akan diawali dengan kata oleh, misalnya oleh Mind, Inggris.

Peristilahan yang dipergunakan dalam proyek & peta daring[sunting]

  • Kata proyek adalah pekerjaan induk yang menaungi semua pekerjaan Mengenal Kesehatan Jiwa ini.
  • Kata himpunan Wikibuku, artinya adalah pekerjaan yang terdiri atas beberapa Wikibuku (yang artinya Anda akan menemukan sejumlah halaman yang merupakan bagian yang lebih kecil atau merupakan tautan dari himpunan Wikibuku tersebut).
  • Kata Wikibuku (tunggal) adalah sebuah Wikibuku dengan halaman tulisan yang tunggal dan tidak memiliki Wikibuku lain di bawahnya.

Tabel peta daring proyek ini[sunting]

NO. TOPIK VERSI LENGKAP VERSI RINGKAS VERSI SELEBARAN (FLYER)/SANGAT RINGKAS
"glosarium istilah" Khazanah jiwa: Glosarium kesehatan jiwa untuk masyarakat awam

Bagian Inti (hanya berisikan daftar kata Inggris-Indonesia saja)

Bagian yang hanya berisikan info teknis saja.

"kamus istilah" Kosa jiwa: Kamus kesehatan jiwa untuk masyarakat awam

Bagian Inti (hanya berisikan definisi-definisi saja)

Bagian yang hanya berisikan petunjuk teknis saja.


Kosa Jiwa: Halaman Lafal Kata

  • [N/A]
  • [N/A]
"gangguan jiwa: tanda & ciri"
  • [N/A]
  • [N/A]
Tanda-tanda umum gangguan kejiwaan

4D: Tanda-tanda umum tidak sehat jiwa

"gangguan jiwa/masalah kejiwaan (dengan disertai penjelasan per gangguan/masalah)"


Mengenal kesehatan jiwa – versi PDF tunggal

[Untuk topik per gangguan/masalah kejiwaan (misalnya "skizofrenia", "depresi", "gangguan bipolar", dsb) lihat sub-topik secara individual pada lajur yang lain].

Pengantar dasariah kesehatan jiwa: untuk masyarakat awam


Mengenal kesehatan jiwa – versi PDF tunggal


  • [N/A]
  • [N/A]
"skizofrenia" Mengenal skizofrenia Skizofrenia: sebuah panduan ringkas

Apakah skizofrenia itu?

Tanda-tanda umum skizofrenia
"gangguan mirip-skizofrenia"
  • [N/A]
  • [N/A]
Gangguan kejiwaan yang mirip skizofrenia
"skizofrenia kanak-kanak"
  • [N/A]
  • [N/A]
Skizofrenia pada anak-anak
"depresi" Mengenal depresi Mengenal depresi (versi ringkas) Tanda-tanda umum depresi
"gangguan bipolar" Mengenal gangguan bipolar Mengenal gangguan bipolar (versi ringkas) Ciri-ciri gangguan bipolar yang mudah dikenali
  • Wikibuku

[Berkas bukan berada pada ranah publik, maka tidak bisa dihadirkan di Wikibuku]


Tanda-tanda umum gangguan bipolar

"kecemasan", "panik" Mengenal kecemasan & serangan panik

[Hak cipta naskah dimiliki oleh Mind, Inggris. Tidak dapat diletakkan di Wikibuku meskipun PDFnya dalam Bahasa Indonesia telah mendapatkan izin penyebarluasan sebagai naskah yang bebas-bagi].

  • [N/A]
Tanda-tanda umum gangguan kecemasan
"gangguan kecemasan sosial" atau "fobia sosial"
  • [N/A]
Mengenal gangguan kecemasan sosial (versi ringkas) Tanda-tanda umum gangguan kecemasan sosial (fobia sosial)
"gangguan obsesif-kompulsif (obsessive-compulsive disorder; OCD)"
  • [N/A]
Mengenal gangguan obsesif-kompulsif (obsessive-compulsive disorder; OCD) (versi ringkas)
  • MKJh [N/A]
  • Wikibuku
  • Google Drive
  • Onedrive
Tanda-tanda umum gangguan obsesif-kompulsif (OCD)
"gangguan stres pasca-trauma (post-traumatic stress disorder; PTSD)" Mengenal gangguan stres pasca-trauma (post-traumatic stress disorder; PTSD)
  • [N/A]
Tanda-tanda umum gangguan stres pasca-trauma
"obat medis" Informasi obat-obatan kesehatan jiwa: sebuah panduan bagi pasien & keluarga (Edisi ke-4, Agustus 2016)

[Lisensi naskah dimiliki oleh Prof. David J Castle dari RS St. Vincent & Universitas Melbourne. Hak ciptanya tidak berada pada ranah publik; sehingga tidak dapat diletakkan di Wikibuku meskipun naskah terjemahannya dalam Bahasa Indonesia telah mendapatkan izin untuk disebarkan seluas-luasnya].

  • MKJh 209
  • Wikibuku
  • [N/A]
  • [N/A]
"sejarah kesehatan jiwa" Sejarah kesehatan jiwa (berkas dengan ekstensi .pptx).

Lisensi gambar dalam PowerPoint tidak memungkinkan untuk diletakkan di Wikibuku.

Sejarah kesehatan jiwa: untuk masyarakat awam

Apakah Ilmu Psikologi Itu?

Terapi moral: Sejarah melepaskan jiwa dari kekangan

  • [N/A]
"waham" atau "delusi"
  • [N/A]
Mengenal macam-macam waham/delusi (versi ringkas) Definisi berbagai macam waham/delusi
"film kejiwaan"[1] Daftar film kejiwaan
  • [N/A]
  • [N/A]
"psikomemoar", "skizofrenia"


Gelombang lautan jiwa: sebuah psikomemoar ditulis oleh Anta Samsara

  • [N/A]
  • [N/A]
"psikomemoar", "skizofrenia"


Saat sangka reda: sebuah perjalanan tilik-diri terhadap waham & halusinasi ditulis oleh Eva Lietz

  • [N/A]
  • [N/A]
"kutipan kesehatan jiwa" Percikan Jiwa: Kutipan Kesehatan Jiwa

(Masih berupa draft, masih memerlukan penyuntingan beberapa bulan ke depan. Penulisan baru dimulai pada tanggal 26 September 2020 pukul 08.39 WIB).

  • [N/A]
  • [N/A]
"psikologi humanistik" atau "psikologi makna" Mengenal psikologi humanistik merupakan sebuah kompilasi yang disusun oleh Anta Samsara
  • [N/A]
Psikologi mengenai makna hidup (versi selebaran)
"hak asasi manusia" Jurnal HAM Komisi Hak Asasi Manusia: Mewujudkan pemenuhan hak ODMK, diterbitkan oleh Komnas HAM RI
  • [N/A]
  • [N/A]

Catatan kaki[sunting]

  1. Daftar Film-Film Kejiwaan dihapus pada tanggal 26 Juni 2019, karena seluruh materinya digunakan untuk lema (entri) Daftar Film Kejiwaan di Wikipedia Bahasa Indonesia. Namun dibuat kembali Halaman Wikibukunya pada tanggal 3 Agustus 2020, karena daftar yang aslinya berbentuk spreadsheet tersebut dianggap sangat penting untuk melengkapi Seri Mengenal Kesehatan Jiwa ini.