Wikibuku:100 Tahun Habis Gelap Terbitlah Terang

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

100 tahun yang lalu, kumpulan surat-surat Kartini diterjemahkan untuk pertama kalinya dari bahasa Belanda ke bahasa Indonesia, dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang

Untuk menyambut 100 tahun penerbitan buku ini dan hari Kartini 2022, Komunitas Wikipedia, Wikisource, dan Wikibooks bahasa Indonesia, melalui media sosial F icon.svg Facebook, Twitter-logo.svg Twitter, Instagram simple icon.svg Instagram, dan Telegram logo.svg Telegram mengundang Anda semua untuk berpartisipasi mengirimkan karya-karya seputar buku Habis Gelap Terbitlah Terang, dan dikirimkan ke media sosial dengan tagar #100tahunHGTT! Karya dapat berupa teks (puisi, artikel, dll.), gambar (infografis, kutipan, dll.), maupun video pendek (shorts, dll.) ke salah satu media sosial Wikipedia bahasa Indonesia (@idwiki dan @idwikipedia)

Karya-karya terbaik yang masuk mulai tanggal 16-21 April 2022 akan mendapat kesempatan untuk dimasukkan ke dalam buku elektronik peringatan 100 tahun Habis Gelap Terbitlah Terang!

Sumber primer[sunting]

Anda dapat membaca dan mengunduh seluruh versi buku ini, mulai dari bahasa Belanda, bahasa Indonesia, serta bahasa Inggris, di pranala berikut ini

Bahasa Belanda - (Door Duisternis Tot Licht) Bahasa Indonesia - (Habis Gelap Terbitlah Terang) Bahasa Inggris - (Letters of a Javanese princess)

Buku-buku multi-bahasa tersebut tersedia secara gratis, dalam berbagai format (PDF, HTML, mobi, epub, djvu) dan telah didigitalisasikan oleh para kontributor Wikisource dan Wikibooks.

Syarat dan ketentuan[sunting]

Untuk berpartisipasi, Anda cukup mengirim karya Anda dengan menandai akun Wikipedia bahasa Indonesia dan bersedia melepaskan karya Anda dengan mencantumkan lisensi yang berlaku di Wikipedia dan Commons, termasuk: CC-BY-SA, GFDL, atau Domain Publik.

Berikut ini detil teknisnya:

  • Even ini akan ditutup pada tanggal 21 April 2022 jam 23:59 WIB.
  • Karya-karya terbaik yang masuk mulai tanggal 16-21 April 2022 akan mendapat kesempatan untuk dimasukkan ke dalam buku elektronik peringatan 100 tahun Habis Gelap Terbitlah Terang. [Pengumuman dan pranala unduhan akan menyusul]
    • Buku elektronik peringatan 100 tahun Habis Gelap Terbitlah Terang akan berisi kompilasi ketiga buku dalam bahasa Indonesia, Belanda, dan Inggris, dalam bentuk PDF, dengan disertai berbagai gambar ilustrasi, dan karya-karya yang sudah ada di Wikisource dan Wikibooks.
  • Di Telegram dan Facebook: Anda dapat mengirimkan melalui komentar postingan ini
  • Di Twitter dan Instagram: Anda dapat mengirimkan melalui tagar #100tahunHGTT atau menyebutkan @idwiki (Twitter) atau @idwikipedia (Instagram)
  • Karya Anda wajib berupa karya orisinal yang tidak mengandung konten (teks, gambar, video, dll.) yang berhak cipta atau yang hak ciptanya tidak diketahui.
    • Anda dapat mengirimkan karya non-orisinal (mengandung konten berhak cipta), namun karya Anda tidak akan dimasukkan ke dalam kompilasi buku elektronik peringatan 100 tahun HGTT, dan tidak akan diunggah ke Wikibooks maupun Commons. Jangan mengunggah karya non-orisinal yang tidak Anda buat sendiri ke Wikibooks ataupun Commons, karena akan berisiko dihapus.
    • Admin media sosial @idwiki berhak memilih karya yang berlisensi jelas, dan tidak memilih karya-karya yang tidak memiliki lisensi jelas atau terang-terangan mengandung konten karya orang lain yang berhak cipta. Namun semua karya yang masuk dapat dikompilasi dan dibagikan ulang oleh admin @idwiki di media sosial.
  • Karya yang dipilih diutamakan yang berbahasa Indonesia, namun karya dalam bahasa lain (Inggris, Belanda, Jawa, bahasa daerah lainnya) juga akan dipertimbangkan, apabila masih berkaitan dengan buku Habis Gelap Terbitlah Terang, Door Duisternis Tot Licht, dan Letters of a Javanese princess.
  • Karya Anda wajib mencantumkan lisensi yang mengizinkan penggunaan ulang di situs-situs Wikimedia, termasuk Wikipedia dan Commons. Lisensi yang disarankan adalah:
    • CC-BY-SA 4.0 <nama Anda> - CC artinya Creative Commons, BY artinya penggunaan karya Anda wajib memberi atribusi kepada nama Anda (boleh nama asli maupun nama pengguna di media sosial), SA artinya Share-Alike, penggunaan karya Anda seterusnya wajib mencantumkan lisensi yang sama. 4.0 adalah versi terkini dari lisensi ini.
      Penggunaan lisensi ini menjamin dan melindungi hak yang penuh atas karya Anda, namun tidak membatasi pihak lainnya (termasuk Wikipedia bahasa Indonesia) untuk menggunakan ulang -- dalam hal ini ke dalam buku elektronik peringatan 100 tahun HGTT.
    • Lisensi lainnya yang bisa dipakai adalah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) dan Domain Publik (yang terakhir ini artinya Anda melepaskan semua hak Anda, dan siapa pun berhak menggunakan karya Anda tanpa syarat. Hanya gunakan lisensi ini apabila Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan.)
  • Untuk karya berupa teks, misalnya puisi, artikel, resensi buku, dll., Anda dapat membuatnya di situs apa pun, termasuk di media sosial @idwiki maupun situs-situs Wikimedia, seperti Wikipedia dan Wikisource (di halaman pengguna) maupun Wikibooks. Apabila karya Anda dibuat di situs lain dan mencantumkan lisensi yang jelas seperti yang dijelaskan di atas, maka admin @idwiki akan memindahkannya ke Wikibooks.
  • Untuk karya berupa gambar, misalnya kutipan, infografis, desain, dll., Anda dapat mengunggahnya di situs apa pun, termasuk di media sosial F icon.svg Twitter-logo.svg Instagram simple icon.svg Telegram logo.svg, namun kami menyarankan untuk mengunggahnya ke Commons, apabila Anda sudah memiliki akun Wikimedia. Apabila karya Anda dibuat di situs lain dan mencantumkan lisensi yang jelas seperti yang dijelaskan di atas, maka admin @idwiki akan memindahkannya ke Commons.
  • Untuk karya berupa video pendek, Anda dapat mengunggahnya di situs apa pun, termasuk di media sosial F icon.svg Twitter-logo.svg Instagram simple icon.svg Telegram logo.svg dan Youtube logo.png TikTok Icon Black.svg, namun kami menyarankan untuk mengunggahnya ke Commons, apabila Anda sudah memiliki akun Wikimedia. Apabila karya Anda dibuat di situs lain dan mencantumkan lisensi yang jelas seperti yang dijelaskan di atas, maka admin @idwiki akan memindahkannya ke Commons.
  • Acara ini diselenggarakan atas inisiatif komunitas sukarelawan Wikipedia, Wikisource, dan Wikibooks bahasa Indonesia melalui akun-akun media sosial komunitas tersebut.
  • Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan meninggalkan komentar di postingan ini maupun dengan tagar #tanya100tahunHGTT
  • Jika Anda memiliki informasi mengenai terjemahan buku ini ke dalam bahasa Jawa dan Sunda, atau bahasa-bahasa lainnya, mohon kiranya bisa membagikannya kepada admin @idwiki