Wikibuku:Vanitas

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gtk-redo-ltr.svg WB:VANITAS WB:VNT

Walaupun Wikibooks dapat digunakan dan disunting oleh siapa saja, namun Wikibooks sebagai sebuah proyek buku tetap memegang prinsip untuk mempertahankan keakuratan dan kelayakan isinya. Halaman ini khusus digunakan sebagai panduan untuk menentukan topik atau isi apa saja yang dikategorikan sebagai informasi atau halaman vanitas. Vanitas dapat diartikan menonjolkan diri sendiri atau mempromosikan pribadi penulis atau anggota keluarga lainnya dari si penulis. Walaupun vanitas bukanlah aksi vandal namun tetap mengandung unsur "ketidaklayakan" atau "ketidakpentingan" untuk dimasukkan ke dalam Wikibooks.

Wikibooks bukanlah blog di mana siapapun dapat menampilkan data pribadinya. (baca Wikibooks bukanlah ...).

Bagaimana menentukan informasi vanitas?[sunting]

Sebelum Anda menulis suatu artikel mengenai diri Anda sendiri atau salah satu kerabat Anda, tanyakan pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri "Apakah saya cukup dikenal?", "Apakah biografi saya cukup layak untuk ditulis di buku?". Pembaca lain dapat juga bertanya "Siapakah dia? Siapa sih orang ini?".

Pengurus Wikibooks dapat dengan segera menghapus artikel-artikel seperti ini, segera setelah mengetahui bahwa artikel-artikel tersebut memenuhi unsur vanitas.

Jika Anda tetap bersikeras memasukkan data pribadi Anda. Anda dapat memasukkannya ke dalam halaman pengguna Anda sesudah Anda mendaftar. Tetapi tetap saja Anda tidak boleh memperlakukan Wikibooks sebagai situs blog. Hanya data-data secukupnya agar pengguna lain dapat mengenal Anda. Informasi mengenai di mana Anda pernah bekerja misalnya, adalah tidak berguna. Wikibooks bukanlah tempat perusahaan mencari kandidat pegawainya.

Contoh informasi vanitas[sunting]

Contoh Seseorang

Contoh Seseorang, 30 tahun adalah seorang karyawan swasta yang bekerja di PT. ABCDEF di Jakarta. Hobinya adalah sepak bola, dan bulu tangkis. Hobi semasa kecilnya adalah menjadi seorang pilot, tetapi sekarang ia bercita-cita menjadi seorang koki.
Penjelasan
Komunitas Wikibooks tidak menentang pribadi Contoh Seseorang, tetapi informasi pribadinya, kegiatannya adalah tidak penting, tidak bernilai dan tidak bermanfaat bagi Wikibooks.

Kegiatan ekstrakurikuler memanjat tebing SMU Negeri 98766

SMU Negeri 98766 setiap minggunya mengadakan kegiatan ekstrakurikuler memanjat tebing. Sudah beberapa tebing yang pernah dipanjat antara lain, Tebing Tinggi, Tebing Rendah dan Tebing Sangat Rendah. Kegiatan ekstrakurikuler ini diketuai oleh Saudara Apel, dan wakil ketuanya adalah Saudari Tomat.
Penjelasan
Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut bahwa informasi seperti ini tidak memiliki kegunaan bagi Wikibooks. Organisasi Anda mungkin penting bagi komunitas Anda, tetapi apakah cukup bernilai bagi komunitas umum?