Lompat ke isi

Wisata:Medan

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas


Menara Tirtanadi Medan
Mesjid Raya Medan
Istana Maimun
Daerah Kesawan tahun 1920-an

Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Medan merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia, Medan juga merupakan kota terbesar diluar Pulau Jawa. Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, dan juga Danau Toba.

Bangunan Tua[sunting]

Ada banyak bangunan-bangunan tua di Medan yang masih menyisakan arsitektur khas Belanda. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Tempat Rekreasi[sunting]

Transportasi[sunting]

Darat[sunting]

Tampak dua becak motor sedang melintas di jalanan Medan.

Di Medan, terdapat beberapa angkutan umum yang unik yaitu :

  • Becak dayung dan becak motor dengan desain seperti sepeda motor gandengan perang Jerman di perang dunia ke-2.
  • Sudako - sebutan warga Medan untuk minibus (seperti metromini di Jakarta).
  • Toyoko (bemo)- sebutan warga Medan untuk kendaraan mirip bajaj seperti yang masih ada di kota jakarta,namun dapat menampung 9 orang plus supir.bermesin 2 langkah dan beroda tiga, saat ini sudah jarang kelihatan.

Kereta api menghubungkan Medan dengan Tanjungpura di sebelah barat laut, Belawan di sebelah utara, dan Binjai-Tebing Tinggi-Pematang Siantar dan Tebing Tinggi-Kisaran-Rantau Prapat dan Tebing Tinggi-Kisaran-Tanjungbalai di tenggar. saat ini kereta api juga telah menghubungkan medan ke bandara Kualanamu yang berjarak sekitar 25 km. Jalan Tol Belmera menghubungkan Medan dengan Belawan dan Tanjung Morawa.

Laut[sunting]

Pelabuhan Belawan terletak sekitar 20 km di utara kota. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar dan teramai kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Udara[sunting]

Bandar Udara Internasional Kuala Namu menghubungkan Medan dengan kota besar di dalam dan di luar Indonesia.