Mitologi Yunani/Herakles

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Herakles.

Herakles adalah pahlawan Yunani yang terhebat dan paling terkenal. Dia adalah anak Zeus dan Alkmene. Bangsa Romawi mengenalnya sebagai Herkules.

Herakles terkenal atas keberanian dan kekuatannya. Kisahnya yang paling terkenal adalah ketika dia menjalankan dua belas tugas yang luar biasa dan ketika dia membantu para dewa dalam melawan para Raksasa. Karena jasa-jasanya itu, setelah mati, Herakles diangkat sebagai dewa di Olimpus.

Kekuatan Herakles juga sering menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri, terutama ketika dia mengalami kemarahan tak terkendali yang membuatnya melakukan perbuatan buruk pada orang-orang terdekatnya. Meskipun setelah amarahnya reda, Herakles bisa merasa sangat menyesal bahkan dia bersedia menerima hukuman apa pun atas perbuatannya. Herakles memang menjalankan banyak tugas dan petualangan yang beberapa di antaranya bahkan berkesan rendahan, seperti misalnya membersihkan kandang kuda atau menjadi budak seorang ratu, yang menyuruhnya mengenakan pakaian perempuan. Padahal, kalau Herakles tidak mau dihukum, tak ada orang yang akan bisa menghukumnya.

Ibu tirinya, Hera, telah banyak menghukum para perempuan selingkuhan Zeus beserta anak-anak mereka. Namun di antara semuanya, Hera paling marah dan dendam kepada Herakles.