India Kuno/Sejarah/Ekspansi Weda

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
<< Invasi Bangsa Weda Ekspansi Bangsa Weda - India Kuno Penaklukan Aleksander Agung >>
India utara pada masa Weda akhir

Setelah bangsa Weda berpindah ke lembah Gangga sekitar 800 SM, mereka menjadi semakin jauh dari Asia Barat dan Tengah, sehingga semakin mengurangi kontak dengan orang-orang di kawasan tersebut. Bangsa Weda juga mulai bercampur dengan orang India, sedangkan dewa-dewi India dicampurkan dengan dewa-dewi India-Eropa. Penaklukan Weda di Gangga dikenang dalam Mahabharata, yang pertama kali dituturkan pada masa ini.

Akan tetapi, bangsa Weda tidak menguasai seluruh India. India Selatan dikuasai oleh sekumpulan raja merdeka yang tidak mau tunduk kepada bangsa Weda. Kisah mengenai peperangan antara bansga Weda melawan para raja selatan diceritakan dalam Ramayana.

Pada 500 SM, sebagian India barat laut (Pakistan modern) ditaklukan oleh Persia di bawah para rajanya, Koresh dan Darius. Sama seperti bangsa Weda, bangsa Persia juga merupakan keturunan bangsa India-Eropa yang dulu meninggalkan tempat asal mereka. Ketika leluhur bangsa Weda masuk ke India, leluhur bangsa Persia memilih untuk menetap di Iran. Persia tak pernah benar-benar menguasai India. Mereka berhasil memaksa orang India memberi upeti, namun orang India tidak benar-benar tunduk terhadap segala perintah Persia.

Sementara itu, bangsa Weda terus menguasai India timur laut. Ingin meniru Persia, bangsa Weda berupaya membuat sebuah kekaisaran yang besar. Disebutkan dalam Mahabharata bahwa ini adalah masa ketika "ikan besar memangsa ikan kecil." Pada 400-an SM, Siddhartha Gautama, yang kemudian lebih dikenal sebagai Buddha, hidup dan menyebarkan agama Buddha.