Pelayaran Sungai dan Danau

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Pengantar[sunting]

Angkutan di perairan daratan belum mendapat sentuhan pemerintah yang memadai , pahahal kalau dapat dikembangkan secara lebih luas khususnya dipulau-pulau besar dapat memberikan manfaat sosial, ekonomi dan budaya yang sangat besar seperti halnya dilakukan di berbagai negara Eropah. Pemanfaatan angkutan di perairan daratan dapat dimanfaatkan untuk angkutan barang dari hulu ke hilir ataupun sebaliknya, memperlancar angkutan penumpang, yang dapat juga dimanfaatkan untuk pariwisata. agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sebagai salah satu langkah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Buku ini merupakan rangkaian dari pengembangan dari buku “Karakteristik dan Operasi Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan” yang disusun oleh Herjan Kenasin, yang pernah menjadi Direktur pada Direktorat Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan. Buku yang telah diterbitkan terlebih dahulu adalah Transportasi Penyeberangan: Suatu Pengantar yang diterbitkan pada tahun 2010.

Buku Pengantar Angkutan Perairan Daratan ini merupakan buku yang dapat digunakan oleh mahasiwa dan taruna di bidang transportasi maupun untuk pemerintah daerah kabupaten dan pemerintah kota dalam merencanakan dan menyelenggarakan angkutan diperairan daratan baik disungai-sungai maupun danau-danau yang banyak terdapat di Indonesia khususnya di pulau-pulau besar.

Apa yang ditulis dalam buku ini belumlah sempurna. Tugas kita bersamalah untuk menyempurnakannya, baik dalam bentuk koreksi dan usulan, maupun dalam bentuk buku baru yang lebih sempurna. Kepada rekan-rekan kawan dan sahabat (tidak dapat kami sebutkan satu per satu), yang telah mendorong sampai terbitnya naskah ini, kami ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT memberkahi usaha kita ini. Amin.

Daftar Isi[sunting]