Wikijunior:Eropa/Makedonia Utara

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikipedia-logo.png
Wikipedia memiliki artikel ensiklopedia mengenai:
Peta menampilkan lokasi Makedonia Utara (warna hijau) di Eropa

Makedonia Utara adalah negara di Eropa Tenggara, tepatnya di Semenanjung Balkan. Berbatasan dengan Serbia, Kosovo, Bulgaria, Yunani, dan Albania. Ibu kotanya yakni Skopje. Kota besar lain yaitu Bitola dan Kumanovo. Mata uangnya yakni denar Makedonia.

Bendera Makedonia Utara

Sejarah Makedonia Utara[sunting]

Makedonia Utara telah dihuni manusia sejak ratusan tahun yang lalu, dan pernah menjadi bagian dari banyak kekaisaran, di antaranya Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Bizantium, Kekaisaran Bulgaria, Kekaisaran Serbia, Kekaisaran Utsmaniyah, dan Yugoslavia. Makedonia Utara merupakan salah satu dari enam republik federal di Yugoslavia.

Republik Makedonia merdeka dari Yugoslavia pada 8 September 1991. Beberapa saat setelah itu, negara ini berselisih nama dengan Yunani, yang mengklaim nama Makedonia juga (nama Makedonia dulunya merupakan daerah bersejarah di Yunani dan sebagiannya lagi di Republik Makedonia). Makedonia Utara niatnya akan bergabung ke Uni Eropa, dan telah mencalonkan diri pada 2005.

{{Template:Templat:NAMABUKU/core/Define|Yugoslavia|Yugoslavia merupakan bekas negara, kini terbagi menjadi Serbia, Montenegro, Makedonia Utara, Kosovo, Bosnia-Herzegowina, Kroasia, dan Slovenia. Berkat peperangan 10 hari di Slovenia, konflik besar di Kroasia, perang beberapa tahun di Bosnia, dan pertempuran antara Serbia dan Albania di Kosovo, negara ini terpecah belah, tepatnya pada 1992.}}

Gunung Korab, gunung tertinggi di Makedonia Utara

Geografi Makedonia Utara[sunting]

Makedonia Utara merupakan negara terkurung daratan dan bergunung-gunung (tidak punya pesisir) dengan banyak sekali danau dan lembah. Gunung tertinggi di sana yakni Gunung Korab, tingginya 2.764 meter. Danau Ohrid merupakan danau terbesar di sana, dan danau terdalam di Semenanjung Balkan. Makedonia Utara cukup dikenal karena resor spa-nya, yang ramai di kalangan lokal dan pengunjung.

Penduduk Makedonia Utara[sunting]

Masjid Aladija, Skopje

Penduduk Makedonia Utara beragam dalam hal kebangsaannya. Mayoritas penduduk negara ini merupakan etnik Makedonia, minoritasnya yakni Serbia, Albania, dan Bulgaria. Bahasa yang paling banyak dipertuturkan di sana yaitu Makedonia, sedikitnya Bulgaria juga dipertuturkan. Di Makedonia Utara terdapat banyak penutur bahasa Serbia dan Albania.

Lebih dari 66% penduduk Makedonia Utara beragama Kristen Ortodoks, dan mayoritas sisanya beragama Islam.

Gereja Santo Yohanes di Kaneo, Danau Ohrid, Makedonia Utara

Pariwisata Makedonia Utara[sunting]

Makedonia dikunjungi 700.000 orang setiap tahunnya, mayoritas di antaranya mengunjungi ibu kota Skopje, kota Dojran, dan Danau Ohrid. Makedonia Utara punya 3 taman nasional, populer dikunjungi orang: Mavrovo, Galičica, dan Pelister. Makedonia Utara cukup menarik peminat alam liar, karena di sana dapat ditemukan beruang, serigala, dan lynx.

Festival tahunan yang digelar di Makedonia Utara antara lain Festival Lagu Rakyat Balkan dan Tari, dan Festival Pernikahan Galičnik, di sana pasangan tertentu boleh menikah menggunakan pakaian tradisional Galička selama festival berlangsung. Makedonia Utara hanya punya satu Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Munisipalitas Ohrid, sebuah area di Makedonia Utara bagian barat daya, di dalam area tersebut terdapat Gereja Santo Yohanes di Kaneo (lihat gambar).

Flag of Europe.svg
  Wikijunior EropaPendahuluanUni EropaGeografiOrangBahasaFaktaKuis sunting

Andorra Belgia Denmark Prancis Islandia Irlandia Liechtenstein Luksemburg Belanda Norwegia Portugal Swiss Britania Raya Albania Bosnia-Herzegowina Kroasia Siprus
Yunani Italia Malta Monako Montenegro San Marino Kosovo Slovenia Spanyol Vatikan Austria Ceko Estonia Finlandia Jerman Hungaria Latvia
Lituania Makedonia Utara Polandia Serbia Slowakia Swedia Armenia Azerbaijan Belarus Bulgaria Georgia Kazakstan Moldova Rumania Rusia Turki Ukraina

Templat:Wikivoyage