Humor Agus Sutondo/Cerita Selingkuh Teori Efek Kupu-Kupu

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Senyum Anak Indonesia

Pernahkah anda nonton film The Butterfly effect atau efek kupu-kupu, sebuah film yang menggambarkan tentang sebuah teori chaos yang berhubungan dengan ketergantungan yang peka terhadap kondisi awal. Dimana perubahan kecil pada satu tempat dalam suatu sistem non-linear dapat mengakibatkan perbedaan besar dalam keadaan kemudian.

Misalkan satu kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil secara teori dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian. Fenomena ini juga dikenal sebagai sistem yang ketergantungannya sangat peka terhadap kondisi awal. Perubahan yang hanya sedikit pada kondisi awal, dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang. Dengan kata lain kesalahan yang sangat kecil akan menyebabkan bencana dikemudian hari.

Terus apa hubungannya, antara cerita selingkuh dengan teori efek kupu-kupu. Sebagaimana kita ketahui bahwa berdasarkan teori efek kupu-kupu yakni perubahan yang hanya sedikit dapat menyebabkan perubahan di kemudian hari. Misalkan keinginan untuk melakukan perselingkuhan berawal dari sesuatu yang tidak diduga atau bahkan sebaliknya, sebagaimana cerita dibawah ini :

Sebuah perusahaan besar yang dipimpin oleh seorang pria yang sudah tua , pria tua ini dikantor biasa dipanggil boss besar. Pada suatu hari, boss besar memanggil sekretarisnya sambil bilang, besok kita rapat ke luar kota, siapkan apa saja yang dibutuhkan.

Sambil siap-siap merapikan apa yang akan dibutuhkan dalam rapat itu, Sekretaris itu menelpon suaminya bahwa besok ia akan rapat ke luar kota bersama bossnya, jaga rumah baik-baik ya mas, kata sekretaris pada suaminya.

Sang suami langsung menelpon selingkuhannya, istriku besok mau ke luar kota, kamu ada waktu gak ? Sang selingkuhan, langsung menelpon muridnya yang lagi di kursus, Nak besok ibu repot, kursus diliburkan ya.

Anak kursus itu langsung bilang pada kakeknya. Kek, besok kursus diliburkan, mancing yuk. Kakek tersebut ternyata boss besar dari perusahaan diatas. Boss besar itu lalu memanggil sekretarisnya, Besok cucuku mengajak mancing, rapat keluar kotanya dibatalkan ya.

Sekretaris langsung menelpon suaminya, Mas, rapat ke luar kota dibatalkan, boss besar ada acara keluarga. Sang suami langsung menelpon selingkuhannya, Besok jangan datang kemari, Istriku gak jadi rapat ke luar kota. Sang selingkuhan langsung menelpon muridnya yang di kursus, Besok tetap kursus nak, Ibu gak jadi repot.

Anak di kursus itu langsung menelpon kakeknya. Kek, besok gak jadi mancing soalnya kursus gak jadi libur. Kakek si boss besar langsung memanggil sekretarisnya, Besok jadi rapat ke luar kota, cucuku gak jadi mengajak mancing.

Sekretaris langsung menelpon suaminya. Maaf mas, besok aku jadi rapat ke luar kota. Sang suami lalu menelpon selingkuhannya. Istriku jadi pergi, besok kesini ya ? Selingkuhannya bilang ke murid yang di kursus tadi. Besok jadi libur nak, ibu ada acara mendadak. Sang murid tadi langsung menelpon kakeknya, yaitu si boss tadi. Cerita selanjutnya terusin aja sendiri, saya cape nerusinnya, he he he.