Profil Becak di Indonesia/Becak mesin

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tampak dua becak mesin sedang melintas di jalanan Medan.

Becak mesin merupakan istilah yang digunakan di luar Pulau Jawa untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda yang sangat populer untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service). Kapasitas becak adalah 2 orang namun terkadang dimuati sampai dengan 5 orang, 2 di tempat duduk dua di pagar dan satu diboncengan.

Berbeda dengan di Jawa, Sulawesi pengemudi becak di Sumatera berada disamping sehingga lebar becak beserta pengemudinya hampir menyamai mobil sehingga ketika berkeliaran di jalan[1] akan membuat jalan terlihat penuh. Untuk becak mesin karena kecepatannya tinggi pengemudinya diwajibkan untuk menggunakan helm.

Modifikasi becak mesin medan

Sejarah[sunting]

Pada awalnya becak mesin Medanmenggunakan mesin dua langkah merk Rex buatan Jerman yang sederhana berukuran silender kecil yang dipasang pada becak dayung. kemudian berkembang menggunakan sepeda kumbang Gobel yang dikayuh untuk menghidupkannya dan beberapa merk lainnya, sekarang digunakan motor produksi baru yang banyak dipasarkan di Indonesia untuk menggerakkan becak tersebut.

Sepeda motor yang digunakan[sunting]

Sepeda motor yang digunakan di Medan[2] untuk dijadikan becak motor ini biasanya adalah sepeda motor merek Honda Win. Beda lagi dengan becak motor di kota Padang Sidimpuan[3]. Kalau di Sidimpuan, motor yang dipakai adalah sepeda motor Vespa. Bentuk bodi becaknya hampir seperti bodi becak motor di Siantar tapi rodanya diimbangin kecilnya. Jadi penumpang yang naik becak vespa ini langsung terlihat “tenggelam” dalam bodi becak. Nah, kalo becak di Kota Tebing tinggi, disana motor yang dipake buat narik becaknya malah motor-motor baru berjenis sport! ada becak yang pakai Honda Tiger, Suzuki Thunder, bahkan Kawasaki Ninja pun dijadikan becak. [4]

Variasi becak mesin di Kepulauan Riau[sunting]

Becak di Pulau Penyengat

Variasi lain yang berkembang di Kepulauan Riau sebagaimana ditemukan di Pulau Penyengat yang sedikit berbeda dengan becak mesin yang digunakan di Medan yang bisa dilihat dari bentuk atap yang berbeda, yang sudah tetap tidak bisa dibuka atau ditutup yang dipasang pada rangka tetap.

Referensi[sunting]

  1. Desain Becak Medan Yang Membuat Macet [1]
  2. Becak Motor Sumatera Utara [2]
  3. Becak Motor Sumatera Utara [3]
  4. mesin pompa air [4]