Asia Tengah Pra-1500/Sejarah/Rouran

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
<< Suku Rouran - Asia Tengah Pra-1500 Suku Hun Putih >>
<< - Bangsa Gokturk >>
<< - Bangsa Avar >>
Wilayah Kekhaganan Rouran pada 500 SM

Sekitar 300 M, sekelompok orang Turk atau Mongol yang disebut suku Rouran mendirikan sebuah kerajaan di Asia Tengah yang disebut Kekhaganan Rouran. Pemimpinnya disebut Khan. Negara Rouran meliputi pula berbagai kelompok etnis lainnya, tapi pemimpin mereka adalah orang Mongol. Pada awalnya Rouran juga mengendalikan suku Hun Putih, suatu kelompok suku yang besar di sebelah baratnya.

Sekitar 400 M, suku Hun Putih melepaskan dari dari kekuasaan Rouran dan mendirikan kerajaannya sendiri, yang dipimpin oleh Khan Anagui pada 519 M.

Pada 552 M, Kerajaan Wei dan Qi di Tiongkok memutuskan untuk menyingkirkan Rouran agar tidak lagi menyerang Tiongkok. Pihak Tiongkok bersekutu dengan kelompok orang Turk yang disebut Gokturk. Pasukan gabungan ini berhasil menghancurkan kekuaaan Rouran. Dengan hancurnya Rouran, Gokturk pun mendirikan kerajaan sendiri dengan khan mereka sendiri. Beberapa kelompok yang tadinya dikuasai oleh Rouran, misalnya bangsa Avar, pada akhirnya bergerak ke barat ke Rusia, agar tak dikuasai oleh Gokturk.