Mitologi Romawi/Cupid

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
< Mitologi Romawi(Dialihkan dari Cupid)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patung Cupid

Cupid adalah dewa cinta Romawi. Sebutan lainnya bagi dewa ini adalah Amor. Sebagai Amor, ia digambarkan sebagai anak kecil bersayap yang nakal, serta membawa busur dan panah, yang dapat membuat manusia maupun dewa jatuh cinta.

Para penulis Romawi mengadaptasi Cupid sebagai dewa yang nakal dari Eros pada masa Hellenistik, alih-alih dari penulis Yunani awal, yang memandang Eros sebagai makhluk promordial.

Cupid adalah putra Venus dan Mars.

Cupid membuat banyak orang jatuh cinta, termasuk para dewa seperti Jupiter dan Apollo.

Suatu ketika, Apollo mengejek kemempuan memanah Cupid. Sebagai balasannya, Cupid mengutuk Apollo hingga ia jatuh cinta dengan seorang nimfa bernama Dafne, yang tak mau mnejadi kekasih Apollo. Dafne akhirnya diubah menjadi pohon salam supaya dapat bebas dari cinta Apollo.

Ada pula para dewi yang kebal dari panah Cupid, yaitu Vesta, Minerva, dan Diana. Ketiga dewi ini selalu perawan dan tidak menikah.

Dalam Dahan Emas karya Lucius Apuleius, diceritakan bahwa Cupid menikahi seorang putri bernama Psikhe. Namun Psikhe selau diberi tugas-tugas berat oleh ibu Cupid, Venus, meskipun pada akhirnya Psikhe dianugerahi keabadian dan menjadi dewi minor di Olimpus. Psikhe menjadi ibu dari Volupta, dewi kenikmatan seksual.