Mitologi Romawi/Jupiter

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Patung Jupiter

Jupiter adalah pemimpin para dewa dalam Mitologi Romawi. Jupiter, bersama Mars dan Quirinus, menjadi bagian dari suatu kelompok tiga dewa atau triad.

Jupiter juga disebut Jupiter, Jove, Iovis dan Diespiter. Seperti halnya padanan Yunani, Zeus, Jupiter juga merupakan dewa langit, dikaitkan dengan awan, hujan, dan badai. Senjatanya adalah petir. Jupiter menyerap banyak aspek dan kepribadian Zeus. Sementara bangsa Etruria mengidentikkan Jupiter dengan Tin, Tinia, atau Tinis.

Jupiter adalah putra Saturnus dan Ops. Pasangan sekaligus istrinya adalah Juno. Di kota Roma, Jupiter berbagi kuil di Capitol dengan Juno dan Minerva.

Seperti Zeus, burung kesukaannya adalah elang dan pohon yang dikeramatkan baginya adalah pohon ek. Festival untuknya digelar pada 19 Agustus, pada hari yang sama dengan perayaan untuk Venus. Hari lainnya yang disucikan untuk Jupiter adalah pada Ides tiap bulan, yang jatuh pada tanggal 15 Maret, Mei, Juli, dan Oktober. Pada bulan-bulan lainnya, Ides jatuh pada tanggal 13.

Orang Romawi menamai haris kamis sebagai dies Iovis (hari Jupiter)

Dalam astornomi, Jupiter adalah planet terbesar di tata surya, dan planet kelima dari matahari. Planet ini dikelompokkan sebagai planet gas.