Mitologi Romawi/Faunus

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Jump to navigation Jump to search
Patung Faunus

Faunus adalah dewa hutan Romawi. Ia adalah putra Picus dan cucu Sarurnus. Faunus juga adalah dewa kesuburan ladang dan ternak. Orang Romawi nampaknya selalu menggambarkannya sebagai dewa mirip satir, seperti Pan. Festival untuknya digelar pada 15 Februari dan disebut Lupercalia.

Faunus juga dianggap sebagai raja awal Italia. Putranya Latinus menjadi asal usul nama untuk daerah Latium, serta bangsanya, yaitu bangsa Latin.

Menurut Ovidius dalam Fasti, suatu hari ia melihat Omphale, ratu Lydia, dan ingin memperkosanya. Akan tetapi saat itu Hercules sedang menjadi budak Omphale. Ratu Lydia itu mendandani Hercules dalam pakaian wanit. Satu malam, Faunus masuk ke kamar sang ratu. Ia mengira bahwa yang sedang berada di dekatnya adalah Omphale, karena orang tersebut mengenakan pakaian wanita, tapi ketika ia membuka pakaian orang tersebut untuk memasukkan penisnya, ia justru merasakan rambut yang kasar dan tebal pada pantat orang tersebut. Ini membuat Faunus terkejut. Ternyata orang tersebut adalah Herakles, yang langsung terbangun dan mendorong Faunus dengan sangat keras hingga terjatuh cukup jauh. Omphales mendengar keributan itu dan memerintahkan para pelayan untuk membawa obor. Mereka mendapati bahwa sang dewa sedang terbaring tak berdaya sambil telanjang. Heracules dan sang ratu tertawa melihat sang dewa. Karena itulah, Faunus memerintahkan para pengikutnya untuk tidak memakai pakaian dalam ritualnya.