Sejarah Internet Indonesia/Open Content

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Diseminasi Ilmu dan Pengetahuan secara terbuka mulai menarik di Internet Indonesia. Tahun 2001-2002 beberapa situs atau portal yang mengkonsentrasikan dirinya untuk menyebarkan pengetahuan secara serius mulai menampakkan diri. Beberapa di antaranya adalah:

  • IlmuKomputer.com (http://www.ilmukomputer.com) - dimotori oleh Romi Satria Wahono untuk membentuk situs e-learning yang menyebarkan ilmu secara gratis. Pada bulan Oktober 2003 telah terbentuk kepengurusan dengan susunan lengkap. Pengurus IlmuKomputer.Com dapat dihubungi melaui email ilmukomputer-staff@yahoogroups.com. IlmuKomputer.com memperoleh penghargaan di WSIS 2003 atas inisiatifnya memandaikan masyarakat melalui Internet.
  • Portal OKE (Open Knowledge and Education) http://www.oke.or.id dibangun dan dikelola oleh Yayasan Sekolah2000. Diluncurkan pertama kali pada bulan Maret 2005. Portal ini dibangun atas kerjasama Sekolah2000 dengan beberapa komunitas, yang meliputi komunitas web, dunia pendidikan, industri dan lain sebagainya. Koordinasi tim developer dipimpin oleh Sugeng Wibowo. Situs ini memuat materi e-learning dan informasi lainnya yang cukup banyak, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, CAD / CAM, Fisika, Fotografi, Info Perguruan Tinggi, Jurnalistik, Kimia, Komputer, Linux, Matematika, Multimedia, Proses Produksi, Teknologi Informasi (TI), Teknologi Material, dan Web Design.