Mitologi Yunani/Ekhidna

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ekhidna

Monster dalam mitologi Yunani ini disebut sebagai "Ibu dari Semua Monster". Ekhidna merupakan Drakaina, yaitu monster ular atau naga besar berjenis kelamin betina.

Ekhidna berarti "wanita ular". Ekhidna bersarang di sebuah gua yang disebut Arima. Hesiodos menggambarkan Ekhidna sebagai monster raksasa yang bersama pasangannya, Tifon, melahirkan berbagai monster mengerikan di mitologi Yunani.

Ekhidna kemungkinan adalah keturunan dari Tartaros dan Gaia, atau Keto dan Forkis. Tubuh bagian atasnya seperti wanita, tetapi bagian bawahnya adalah ular. Ekhidna juga sering digambarkan bersayap atau memiliki dua ekor. Ekhidna adalah monster yang awet muda, namun dia tidak abadi.

Suatu hari, Ekhidna dan pasangannya menyerang dewa-dewa Olimpus, dan Zeus berhasil mengalahkan mereka. Dan akhirnya Zeus mengurung Tifon di bawah Gunung Etna. Namun, Zeus membiarkan Ekhidna dan anak-anaknya tetap hidup, sebagai tantangan untuk para pahlawan. Ekhidna akhirnya mati dibunuh oleh raksasa bermata seratus, Argus Panoptes.

Ekhidna dan Tifon memiliki keturunan yang merupakan monster-monster mengerikan, yaitu: Singa Nemea, Ladon, Khimaira, Sphinx, Hidra, Kerberos, Orthros, Elang Kaukasus, Rubah Teumessos, Babi Krommion, Naga Kolkhis.