Mitologi Yunani/Kerberos

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kerberos.

Kerberos adalah makhluk dari mitologi Yunani, yaitu merupakan hewan peliharaan Hades. Kerberos dikatakan saudara kandung dari Hydra, Singa Nemea, Sphinx, Ladon, dan Khimaira. Kerberos digambarkan sebagai anjing berkepala tiga yang mampu menyemburkan api. Awalnya Ia hanyalah seekor anjing kecil yang lucu namun ketika ia besar menjadi berkepala tiga dan mampu menyemburkan api.

Kerberos adalah keturunan Ekhidna, seorang wanita hibrida dan setengah-dewi setengah-ular, dan Tifon, raksasa bernapas api yang bahkan ditakuti oleh para dewa Olimpus. Dalam beberapa karya, tiga dari masing-masing kepala Kerberos melihat dan mewakili masa lalu, sekarang, dan masa depan. Sedangkan menurut karya lainnya mengatakan kepala-kepala itu merupakan kelahiran, pemuda, dan usia tua. Masing-masing dari kepala Kerberos dikatakan memiliki nafsu makan daging hanya untuk hidup, dengan demikian memungkinkan roh-roh orang mati untuk bebas masuk neraka, tetapi tidak memungkinkan untuk pergi.

Dalam kisah Herakles, Kerberos merupakan tantangan terakhir dari Hera dalam dua belas yang harus dilaksananakan oleh Herakles. Dia harus menangkap Kerberos hidup-hidup, tanpa menggunakan senjata. Kerberos merupakan penguasa dunia arwah. Tujuanya untuk menjaga agar tidak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah. Kerberos juga mempunyai kemampuan melacak dan menemukan arwah-arwah yang melarikan diri.

Dan ada pula kisah Orfeus yg mencoba menghidupkan kembali istrinya, Kerberos merupakan penjaga pintu dunia bawah yang menghalangi sang pujangga untuk masuk. Orfeus pun melantunkan puisi sambil memainkan liranya, sehingga Kerberos tertidur dan ia pun bisa masuk. Namun, usahanya untuk menghidupkan Euridike istrinya mengalami jalan buntu, dan sang pujangga kembali ke dunia nyata dengan tangan kosong. Sejak saat itu, Orfeus menjadi terkenal sebagai sosok pria yang sedang memainkan lira (kecapi kecil).

Di dalam beberapa buku atau pun novel, Kerberos hadir sebagai sosok anjing berkepala tiga yang mengerikan. Bahkan di salah satu film Harry Potter yang berjudul Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Cerberus di film ini bernama Fluffy, dimana sosok mengerikan ini adalah peliharaan Hagrid yang berbadan besar dan menakutkan. Diceritakan bahwa Fluffy ditugaskan untuk menjaga pintu jebakan yang berada di lantai tempat disembunyikannya Batu Bertuah. Dan Harry Potter bersama teman-temannya berhasil menidurkan Fluffy dengan meniupkan seruling, dan mengambil Batu Bertuah tersebut.