Mitologi Jermanik/Donar

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Donar melawan para raksasa.

Donar adalah dewa petir Jermanik. Dia dikenal sebagai Thunaer, Thunær, Thunor, atau Thonar oleh orang Saxon dan sebagai Thor atau þórr oleh orang Skandinavia. Sementara bangsa Romawi menyamakannaya dengan dewa petir dari mitologi Romawi, yakni Jupiter.

Donar adalah dewa badai, petir, dan kilat. Lambangnya adalah kapak atau palu, yang kadang-kadang merupakan simbol kesuburan. Kepemilikan paku juga mengaitkan Donar dengan pahlawan/dewa Romawi, Herkules, yang menggunakan pentung sebagai senjata. Donar atau Thunor jauh lebih populer di kalangan orang desa dibanding dewa Wodan (Odin).

Dalam mitologi Nordik, Thor mewarisi banyak atribut Donar, dan Thor menjadi pejuang terkuat di antara para dewa. Thor sendiri adalah putra Odin (Woden) dan Jord.

Nama Donar diabadikan sebagai nama salah satu hari dalam bahasa Jermanik, yaitu Donnerstag ("Selasa") yang bermakna "Hari Donar". Padanan Donar dalam mitologi Nordik, yaitu Thor, juga memperoleh hal yang sama. Dalam bahasa Inggris, "Selasa" disebut Thursday yang bermakna "Thor's Day" atau "hari Thor". Hari Selasa sendiri adalah hari yang suci dalam satu minggu, yang berkaitan dengan dies Jovis atau "Hari Jove/Jupiter" di Romawi, yang merupakan hari keramat bagi Jupiter.