Mitologi Jermanik/Ostara

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:Orphan

Dewi Ostara

Ostara adalah dewa matahari dan kesuburan dalam mitologi Jermanik. Ostara juga dikaitkan dengan kedatangan musim semi, dan festival untuknya diselenggarakan pada ekuinoks musim semi, yaitu pada tanggal 21 Maret. Bagi orang Jermanikik, musim semi adalah masa kesuburan dan kelahiran kembali. Ostara disamakan dengan dewi Eostre, yang merupakan dewi Anglo-Saxon. Eostre sendiri kemungkinan hanyalah nama lain dari Ostara. Eostre adalah dewi musim semi.

Santo Bede Yang Disegani menulis bahwa istilah Paskah dalam Kristen berasal dari nama Eostre, yang dilaksanakan pada hari yang sama dengan festival bagi Ostara, namun tanggalnya kemudian diubah. Minggu Paskah, hari kebangkitan Kristus, bervariasi antara 22 Maret dan 25 April, tergantung pada hari minggu pertama bulan purnama (bulan paskah), setelah ekuinoks musim semi.

Tradisi Paskah modern, misalnya telur Paskah dan kelinci Paskah, juga berasal dari kebudayaan Pagan. Kelinci digunakan sebagai hewan keramat bagi Eostre, lambang kesuburan. Telur melambangkan kesuburan dan kelahiran kembali musim semi. Putihnaya telur dan kelinci juga melambangkan kesucian.