Mitologi Yunani/Perburuan Babi Kalidon/Althaia dan Kelahiran Meleagros

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Oineus menikahi keponakannya, Althaia, yang menjadi istri pertamanya. Althaia adalah putri Thestios dan Eurithemis. Althaia juga adalah saudari Leda, ibu para Dioskuri (Kastor dan Polideues) dan Helene. Ovidius hanya menyebutkan dua orang paman Meleagros (dalam beberapa sumber, Althaia memilki lebih dari dua saudara lelaki, Pleksippos dan Tokseus. Sementara Apollodoros menyebut bahwa saudara Althaia adalah Ifiklos, Evippos, Pleksippos dan Euripilos, dan menurut versi Hyginus, nama-namanya adalah Ideus, Plexippos dan Linkeus).

Althaia memiliki dua orang putri. Yang pertama adalah Deianeira, yang kelak menikahi Herakles, dan yang kedua adalah Gorge, yang menjadi istri Andraimon. Althaia juga memiliki empat putra, yaitu Tokseus, Thireus, Klimenos, dan Meleagros. Akan tetapi, beberapa sumber menyebutkan bahwa Melegaros bukanlah putra Oineus, melainkn putra Ares, dewa perang.

Ramalan para Moirai tentang takdir Meleagros

Menurut versi yang paling terkenal, setelah Althaia melahirkan Meleagros, Moirai (tiga dewi takdir) mendatangi sang ratu dan mengatakan bahwa Meleagros akan mati jika batang kayu di perapiannya terbakar hangus menjadi abu. Althaia menyelamatkan putranya dengan cara memadamkan api itu dengan cepat. Untuk menjamim keselamatan Meleagros, Althaia mengambil batang kayu itu dan menyembunyikannya di sebauh peti, yang kemudian ia kubur di tempat rahasia.

Karena batang kayu itu tersimpan aman di dalam peti, Meleagros tumbuh menjadi seorang prajurit yang kuat dan tangguh. Dalam Iliad, Homeros menyebutkan bahwa ia memiliki rambut merah.

Semasa muda, Meleagros menemani Iason dan Argonaut dalam Pencarian Bulu Domba Emas. Herakles begitu mengagumi keberanian Meleagros hingga ia pun memberi sang pahlawan muda kehormatan untuk mendayung di sampingnya. Peran Meleagros dalam Argonautika tidaklah terlalu besar. Dalam mitos versi Diodoros, terjadi pertempuran antara para Argonaut melawan orang Kolkhis, di mana Meleagros berhasil membunuh Aietes, Raja Kolkhis ketika sang raja mengejar para Argonaut dengan membawa pasukan.

Meleagros menikahi Kleopatra, putri seorang Argonaut, Ida, dengan Marpessa. Meleagros memperoleh seorang putri bernama Polidora, yang kelak menikahi Protesilaos, salah satu pemimpin Yunani yang kelak ikut serta dalam Perang Troya.

Petualangan terbesar Meleagros adalah keterlibatannya dalam Perburuan Babi Kalidon.