Yunani Kuno/Sastra/Homeros/Odysseia

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Odysseus beserta awak kapalnya melarikan diri dari raksasa Poliphemos

Odysseia ditulis oleh penyair Yunani Homeros sekitar 700 SM, meskipun kisah di dalamnya sendiri kemungkinan jauh lebih tua. Kisahnya adalah mengenai perjalanan pulang Raja Odysseus seusai Perang Troya menuju kerajaannya di Ithaka, sebuah pulau di sisi jauh Yunani dari Troya.

Odysseus mengalami banyak rintangan dalam perjalanannya, akibat para dewa yang marah kepadanya. Awalnya, ia berlayar dari Troya dengan banyak kapal, yang mengangkut banyak emas dan budak yang dijarah dari Troya. Selain itu ia juga memiliki banyak anak buah dari Ithaka yang menyertainya sejak awal perang.

Akan tetapi Odysseus memperoleh masalah ketika ia singgah di suatu pulau dalam perjalannya. Sejak itu, ia terus mengalami kesulitan, terutama akibat amarah dewa Poseidon. Untungnya, dengan bantuan dewi Athena, ia berhasil pulang ke Ithaka meskipun ia kehilangan seluruh kapalnya dan semua anak buahnya.

Bahkan setelah tiba di pulanynya, ia tetap menghadapi masalah. Ia mendapati bahwa rumahnya telah dikuasai oleh para lelaki yang ingin menikahi istrinya, Penelopeia. Orang-orang itu menganggap bahwa Odysseus telah meninggal hingga mereka merasa bebas untuk medekati Penelopeia. Akhirnya, dengan bantuan putranya, Telemakhos, Odysseus berhasil membunuh para peminat istrinya. Setelah itu ia pun kembali memerintah kerajaannya bersama Penelopeia.