Yunani Kuno/Sastra

Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bangsa Yunani menghasilkan banyak karya tulis, dan banyak di antaranya yang masih tersedia bahkan hingga saat ini, sekitar 2000 tahun setelah masa Yunani kuno. Tulisan mereka secara tradisional terbagi menjadi beberapa jenis.

  1. Epos: Sekitar 700 SM, Homeros menulis dua epos yang saling terkait, Iliad dan Odysseia. Epos sendiri adalah puisi panjang yang menceritakan kisah kepahlawanan.
  2. Puisi: Dua contoh puisi Yunani awal adalah Theogonia dan Erga kai Hemerai karya Hesiodos, sekitar 700 SM. Ada pula sejumlah puisi pendek karya Arkhilokhos dan Sappho sekitar 600 SM. Puisi-puisi karya Sappho merupakan satu-satunya karya sastra penulis perempuan Yunani yang masih bertahan hingga kini
  3. Sandiwara: Sandiwara terbagi mennjadi tragedi dan komedi. Tragedi adalah kisah sedih, sedangkan komedi adalah kisah lucu. Tragedi tertua yang diketahui ditulis oleh Aiskhylos sekitar 500 SM. Ada pula tragedi yang ditulis oleh Sophokles (Sekitar 450 SM) dan Euripides (Sekitar 425 SM). Sementara komedia tertua yang diketahui ditulis oleh Aristophanes sekitar 425 SM. Beberapa komedi lainnya ditulis oleh Menandros sekitar 350 SM.
  4. Sejarah: Dua sejarawan besar yang karyanya masih ada hingga kini adalah Herodotos dan Thukydides. Sekitar 450 SM, Herodotos menulis sejarah Perang Persia. Sekitar 400 SM, Thukydides menulis sejarah Perang Peloponnesos. Seusai Perang Peloponnesos, Xenophon menuliskan petualangannya sebagai tentara bayaran bagi Persia. Selama penakluan Romawi di Yunani, Polybios menulis sejarah Romawi dalam bahasa Yunani.
  5. Dialog dan risalah filsafat: Filsafat tertulis pertama dibuat oleh Plato sekitar 380 SM dalam bentuk dialog. Di kemudian hari, Plato dan muridnya Aristoteles menulis buku filsafat reguler yang berisi prosa, bukan dialog.
  6. Pidato politik dan hukum: Pidato pertama yang kini masih ada dibuat sekitar 300-an SM. Tiga penulis pidato paling terkenal antara lain Lysias, Isokrates, dan Demosthenes.